[INFORMATIKA - 2018] Penerapan Mixed Reality Pada Aplikasi Media PembelajaranPrasetyo Sudarji (14113003) / Dr. Masayu Leylia Khodra, S.T., M.T. / Teknik Informatika, 2018Kebutuhan akan kehadiran media pembelajaran yang menarik dan interaktif, menyebabkan mulai digunakannya berbagai macam teknologi realitas seperti Virtual Reality (VR), Augmented Reality (AR), dan Mixed Reality (MR). Jika dibandingkan dengan teknologi realitas lainnya, maka MR lebih imersif. Aplik... |
Karakteristik pH, Indeks Fermentasi, Kadar Abu dan Warna Biji Kakao (Theobroma cacao L.) Nonfermentasi dengan Variabel Media Inkubasi dan UkuranImam Ardhi Salam / Muhammad Rizky Ramanda / Teknologi Pangan, 2024Karakteristik pH, Indeks Fermentasi, Kadar Abu dan Warna Biji Kakao (Theobroma cacao L.) Nonfermentasi dengan Variabel Media Inkubasi dan Ukuran Imam Ardhi Salam NIM 119350088 Pembimbing M. Rizky Ramanda, S.T.P., M.T.P, Amalia Wahyuningtyas S.Si., M.Sc. ABSTRAK Indonesia memiliki potensi ... |
RANCANG BANGUN WEBSITE VIRTUAL TOUR PANORAMA 360 DERAJAT DENGAN METODE MULTIMEDIA DEVELOPMENT LIFE CYCLE MENGGUNAKAN UNITYWINDA / Ir. Mugi Praseptiawan, S.T., M.Kom / Teknik Informatika, 2024Perkembangan zaman memberikan berbagai macam teknologi yang sudah diciptakan, salah satunya yaitu bentuk pengenalan atau penyampaian informasi kampus dengan menggunakan teknologi virtual tour. Masih banyak mahasiswa yang belum mengenali kampusnya. Mahasiswa Baru 2023 ITERA, sebagai contoh, hanya mem... |
Perancangan Zine Sebagai Media Edukasi Bahaya Antisosial Akibat Penggunaan Media Sosial pada Generasi Muda (13-18 Tahun) di Kota Bandar LampungPaulus Lukman Teguh Prasetya / Putri Kholida, S.Ds., M.Ds / Undergraduate Thesis, 2024Tujuan perancangan ini adalah memberikan edukasi preventif melalui bacaan zine yang dilengkapi ilustrasi. Penggunaan media sosial telah mengalami perkembangan yang signifikan di masa digital saat ini dan telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari banyak individu terkhusus generasi muda usia 13 ... |
Perancangan Buku Ilustrasi Mengenai Prosesi Upacara Adat Begawi Cakak Pepadun sebagai Media Edukasi untuk Generasi MudaQonita Mardiyah / Susi Susyanti, S.Ds., M.Ds. / Undergraduate Thesis, 2024Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang media yang tepat guna meningkatkan pemahaman dan apresiasi generasi muda terhadap Upacara Adat Begawi Cakak Pepadun. Upacara Adat Begawi Cakak Pepadun merupakan warisan budaya yang kaya akan nilai dan tradisi, namun pemahaman dan apresiasi generasi m... |
Perancangan Motion Graphic Sebagai Media Meningkatkan Pamor Kain Celugam Khas LampungSYAFIRA / Namuri Migo Tuwio, M.Sn., / Undergraduate Thesis, 2024Perancangan Motion Graphic Sebagai Media Meningkatkan Pamor Kain Celugam Khas Lampung Syafira 120380083 (Fakultas Teknologi Infrastruktur dan Kewilayahan, Program Studi Desain Komunikasi Visual) ABSTRAK Lampung memiliki warisan budaya yang patut untuk dilestarikan, salah satunya adalah kain ... |
Perancangan Animasi Etika Bermedia Sosial bagi Remaja Usia 15-24 Tahun di Kota Bandar LampungWahyu Satrio Wibowo / PG. Wisnu Wijaya, S.Sn., M.Sn. / Undergraduate Thesis, 2024Penelitian ini bertujuan untuk memberikan edukasi mengenai pentingnya etika dalam penggunaan media sosial kepada remaja di Kota Bandar Lampung, melalui penggunaan media animasi. Fenomena cepatnya perkembangan media sosial telah memiliki dampak signifikan terhadap berbagai aspek kehidupan sosial, bud... |
Perancangan Aplikasi untuk Mengurangi Dampak Kecanduan Top Up Game Online di Kalangan MahasiswaELING SAMPURNA / Refita Ika Indrayati, M.Ds. / Undergraduate Thesis, 2024Perancangan Aplikasi untuk Mengurangi Dampak Kecanduan Top Up Game Online di Kalangan Mahasiswa ini bertujuan untuk mengurangi dampak yang dihasilkan dari kecanduan top up, khususnya mahasiswa dari usia 18-21 tahun. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode dengan pendekatan kualitatif... |
Perancangan Media Pembelajaran Aksara Lampung Berbasis Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar: Studi Kasus SDN 1 Harapan Jaya Sukarame & SD Karunia Imannuel Bandar LampungAchmad Zaini / Candra Prayogi, S.Ds., M.Ds. / Student Dissertations and Theses, 2024Aksara Lampung merupakan warisan budaya yang wajib dilestarikan. Upaya pelestarian ini dapat dilakukan melalui pendidikan pada siswa sekolah dasar. Namun, permasalahan yang dihadapi saat ini adalah media pembelajaran yang kurang menarik dan interaktif bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meran... |
Efektivitas Pemanfaatan Instagram @Lampuung Dalam Meningkatkan Brand Awareness Pada Masyarakat Bandar LampungWakhid Alfiyan / Maria Veronika BR Halawa, S.Pd., M.Sn / Undergraduate Thesis, 2024Akun Instagram @lampuung merupakan salah satu akun informatif yang banyak diakses oleh banyak pengguna media sosial Instagram khususnya oleh masyarakat Bandar Lampung. Akun Instagram @lampuung, dengan fokusnya pada konten dan informasi yang relevan dengan Bandar Lampung dan sekitarnya, menawar... |
Perancangan Komik Sebagai Media Pengenalan Tata Cara Pacu Jawi Dari Sumatera BaratNadira Shofi Marsalina / Susi Susyanti S.Ds., M.Ds. / Undergraduate Thesis, 2024Tujuan dari penelitian ini adalah mengenalkan masyarakat terhadap tata cara Pacu Jawi menggunakan media komik yang memiliki bahasa Indonesia dan Minang, dengan menggunakan bahasa Minang bertujuan agar audiens bisa lebih mengenal bahasa Minang dan dikenal masyarakat luas. Pada Penelitian ini mengguna... |
SIMULASI PERBANDINGAN KEMAMPUAN MODEL NEURAL HAMMERSTEIN, MODEL NEURAL WIENER, DAN MODEL NEURAL HAMMERSTEIN-WIENER DALAM PROSES REMIDIASI LIMBAH AIR ASAM TAMBANG MENGGUNAKAN KOMPOSIT BIOCHAR-CaOGabriel Sahata Sianturi / Dr. Rifky Fauzi S.Si.,M.Si / Matematika, 2024Limbah air asam tambang merupakan limbah dari hasil yang dampaknya merugikan lingkungan dan kesehatan manusia. Untuk menanggulangi pencemaran limbah air asam tambang tersebut dilakukan penelitian salah satunya menggunakan komposit Biochar-CaO agar dapat mengurangi kadar kandungan logam pada limbah t... |
SIMULASI PERBANDINGAN KEMAMPUAN MODEL NEURAL HAMMERSTEIN, MODEL NEURAL WIENER, DAN MODEL NEURAL HAMMERSTEIN-WIENER DALAM PROSES REMIDIASI LIMBAH AIR ASAM TAMBANG MENGGUNAKAN KOMPOSIT BIOCHAR-CaOGabriel Sahata Sianturi / Dr. Rifky Fauzi S.Si.,M.Si / Matematika, 2024Limbah air asam tambang merupakan limbah dari hasil yang dampaknya merugikan lingkungan dan kesehatan manusia. Untuk menanggulangi pencemaran limbah air asam tambang tersebut dilakukan penelitian salah satunya menggunakan komposit Biochar-CaO agar dapat mengurangi kadar kandungan logam pada limbah t... |
Perancangan Media Informasi Leaflet dalam Upaya Meningkatkan Praktik Generasi Muda Minangkabau terhadap Falsafah Adaik Basandi Syara’, Syara’ Basandi KitabullahPutri Nabilla / Refita Ika Indrayati S.Ds., M.Ds. / Undergraduate Thesis, 2024Di tengah arus modernisasi dan globalisasi, mahasiswa rantau Minangkabau kerap sekali mengabaikan praktik yang berdasarkan Falsafah Adaik Basandi Syara', Syara' Basandi Kitabullah di dalam kehidupan sehari-hari. Perancangan Media Informasi Leaflet dalam Upaya Meningkatkan Praktik Generasi Muda Minan... |
Perancangan Branding Media Informasi untuk Meningkatkan Pengetahuan Masyarakat Pringsewu Mengenai Lembaga Pendidikan Pondok Pesantren di Kabupaten PringsewuAfrijal Romi `azi / Putri Kholida, S.Ds., M.Ds. / Undergraduate Thesis, 2024ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk merancang strategi branding media informasi yang efektif untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat terhadap lembaga pendidikan pondok pesantren di Kabupaten Pringsewu. Pendekatan perancangan menggunakan metode Double Diamond untuk menghasilkan solusi yang komp... |
Urgensi Pulau Batang Besar dan Batang Kecil Dalam Rangka Pengelolaan Sumber Daya Alam Wilayah Laut Provinsi LampungTama Tamara Salsabila Fajar / Arif Rohman, S.T., M.T., Ph.d (Cand). / Teknik Geomatika, 2024INTISARI Konflik perebutan wilayah di daerah perbatasan kerap kali terjadi. hal ini dapat membuat pengelolaan di wilayah berkonflik terhambat karena kebijakan yang tumpang tindih. Untuk mencegah terjadinya hal tersebut, penetapan batas wilayah sangat penting dilakukan guna memperjelas wewena... |