(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

Perancangan Media Pembelajaran Aksara Lampung Berbasis Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar: Studi Kasus SDN 1 Harapan Jaya Sukarame & SD Karunia Imannuel Bandar Lampung


Aksara Lampung merupakan warisan budaya yang wajib dilestarikan. Upaya pelestarian ini dapat dilakukan melalui pendidikan pada siswa sekolah dasar. Namun, permasalahan yang dihadapi saat ini adalah media pembelajaran yang kurang menarik dan interaktif bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk merancang media pembelajaran aksara Lampung berbasis Augmented Reality (AR) untuk meningkatkan minat belajar siswa sekolah dasar di Bandar Lampung. Media pembelajaran ini dirancang dengan melibatkan interaksi siswa secara langsung pada media AR. Metode perancangan yang digunakan adalah metode Design Thinking yang melibatkan preferensi siswa secara langsung dalam penciptaan media utama pembelajaran. Setelah dilakukan uji usability test pada siswa hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran aksara Lampung berbasis AR telah berhasil dirancang dan dikembangkan dengan mengusung media flashcard aksara Lampung berbasis AR, dengan tingkat usabilty sebesar 81%. Media ini diharapkan dapat membantu siswa dalam belajar menggunakan mengingat aksara Lampung mudah dan interaktif melalui penggabungan media flashcard dan AR.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2406050160

Keyword
Aksara Lampung Augmented Reality Media Pembelajaran