(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

Perancangan Komik Sebagai Media Pengenalan Tata Cara Pacu Jawi Dari Sumatera Barat


Tujuan dari penelitian ini adalah mengenalkan masyarakat terhadap tata cara Pacu Jawi menggunakan media komik yang memiliki bahasa Indonesia dan Minang, dengan menggunakan bahasa Minang bertujuan agar audiens bisa lebih mengenal bahasa Minang dan dikenal masyarakat luas. Pada Penelitian ini menggunakan metode Design Thinking, menggunakan 5 proses tahapan yaitu empathize, define, ideate, prototype, dan test. Data primer diperoleh dari hasil wawancara dengan tokoh adat, kuesioner dengan masyarakat, dan observasi dilakukan langsung ke Sumatera Barat juga melalui website. Data yang telah diperoleh melalui wawancara, kuesioner, dan observasi, selanjutnya diolah menggunakan metode analisis data 5W+1H (What, Who, Where, When, Why, How). Penelitian ini menghasilkan media utama berupa buku komik dan media pendukung yaitu pop up, kalender, video, deta (penutup kepala), dan gantungan kunci. Berdasarkan hasil dari uji coba menggunakan wawancara dengan target audiens, buku komik berhasil mengenalkan tata cara Pacu Jawi kepada anak-anak dan orang dewasa melalui informasi yang jelas dan ilustrasi yang menarik. Manfaat dari Penelitian ini ada 3 yaitu memberikan ide baru yang sebelumnya belum pernah ada untuk penelitian setelahnya, memberikan pengetahuan mengenai tata cara Pacu Jawi kepada masyarakat, dan upaya pelestarian tata cara Pacu Jawi terutama bagi masyarakat bersuku Minang.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2406060230

Keyword
Pacu Jawi Adat Media Buku Komik