[INFORMATIKA - 2018] Penerapan Mixed Reality Pada Aplikasi Media Pembelajaran
Kebutuhan akan kehadiran media pembelajaran yang menarik dan interaktif,
menyebabkan mulai digunakannya berbagai macam teknologi realitas seperti
Virtual Reality (VR), Augmented Reality (AR), dan Mixed Reality (MR). Jika
dibandingkan dengan teknologi realitas lainnya, maka MR lebih imersif. Aplikasi
MR diimplementasi dengan menggunakan marker dan binocular display. Aplikasi
akan mendeteksi marker, kemudian menampilkan konten digital sesuai dengan
marker yang teridentifikasi. Pertimbangan dilakukan pada marker seperti jumlah
marker dan layout. Aplikasi memiliki beberapa fitur yang dikembangkan
berdasarkan analisis permasalahandan solusi. Terdapat tiga jenis pengujian, yaitu
pengujian materi, pengujian keefisienan, dan pengujian efektivitas. Berdasarkan
hasil tersebut aplikasi media pembelajaran yang dihasilkan sudah valid, maksudnya
materi yang disajikan sudah benar. Media pembelajaran yang juga lebih menarik
dibandingkan dengan media pembelajaran lain dan dapat meningkatkan hasil
belajar siswa. Oleh karena itu, pada penelitian ini dihasilkan sebuah media
pembelajaran dengan Mixed Reality (MR) yang valid dan dapat meningkatkan
minat dan hasil belajar siswa.
URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB1811140031
Keyword
Mixed Reality (MR) Media Pembelajaran Marker Kimia Teori Domain Elektron