(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

[INFORMATIKA - 2018] Penerapan Mixed Reality Pada Aplikasi Media Pembelajaran


Kebutuhan akan kehadiran media pembelajaran yang menarik dan interaktif, menyebabkan mulai digunakannya berbagai macam teknologi realitas seperti Virtual Reality (VR), Augmented Reality (AR), dan Mixed Reality (MR). Jika dibandingkan dengan teknologi realitas lainnya, maka MR lebih imersif. Aplikasi MR diimplementasi dengan menggunakan marker dan binocular display. Aplikasi akan mendeteksi marker, kemudian menampilkan konten digital sesuai dengan marker yang teridentifikasi. Pertimbangan dilakukan pada marker seperti jumlah marker dan layout. Aplikasi memiliki beberapa fitur yang dikembangkan berdasarkan analisis permasalahandan solusi. Terdapat tiga jenis pengujian, yaitu pengujian materi, pengujian keefisienan, dan pengujian efektivitas. Berdasarkan hasil tersebut aplikasi media pembelajaran yang dihasilkan sudah valid, maksudnya materi yang disajikan sudah benar. Media pembelajaran yang juga lebih menarik dibandingkan dengan media pembelajaran lain dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, pada penelitian ini dihasilkan sebuah media pembelajaran dengan Mixed Reality (MR) yang valid dan dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB1811140031

Keyword
Mixed Reality (MR) Media Pembelajaran Marker Kimia Teori Domain Elektron