(0721) 8030188    [email protected]   

Perancangan Board Game Pakaian Pengantin Adat Lampung Pepadun Sebagai Media Edukasi Pada Anak Sekolah Dasar


Rendahnya pemahaman anak-anak terhadap pakaian pengantin adat Lampung Pepadun menimbulkan kekhawatiran akan terputusnya keterhubungan generasi muda dengan identitas budaya Lampung. Pakaian adat ini memiliki nilai historis dan filosofis yang tinggi serta digunakan dalam upacara adat penting seperti Begawi Cakak Pepadun. Namun, muatan edukasi mengenai pakaian adat Lampung masih minim dalam pembelajaran sekolah dasar dan belum banyak dikenalkan oleh orang tua sejak dini. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah board game sebagai media edukatif yang memperkenalkan elemen budaya Lampung, khususnya pakaian pengantin adat Pepadun kepada anak-anak usia 10–12 tahun. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan data primer berupa wawancara dan observasi langsung, selain itu terdapat data sekunder berupa studi pustaka dan kuesioner, serta divalidasi menggunakan pre-test, play test, post-test dan kuesioner System Usability Scale (SUS) pada empat responden. Hasil pre-test menunjukkan total nilai awal sebesar 23 poin dari maksimum 40 poin. Setelah memainkan board game, nilai meningkat menjadi 37 poin. Evaluasi ketergunaan dilakukan menggunakan System Usability Scale (SUS), dengan skor rata-rata sebesar 78,13 yang termasuk kategori "Good" hingga "Excellent". Hasil perancangan diharapkan dapat menjadi media interaktif alternatif bagi anak sekolah dasar khususnya kelas 4 s.d. 6 di Lampung yang dapat meningkatkan efektif dalam meningkatkan pemahaman anak terhadap pakaian adat Lampung, tetapi juga memiliki tingkat kemudahan penggunaan yang baik dan potensi untuk digunakan secara luas dalam konteks pembelajaran budaya lokal.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2508080016

Keyword