Perancangan Kampanye Sosial Body Positivity Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Pada Generasi Muda Usia 16-30 Tahun di Bandar Lampung
Rendahnya kepercayaan diri generasi usia 16–30 tahun di Bandar Lampung dipengaruhi oleh ekspektasi standar kecantikan yang tidak realistis di media sosial. Kondisi ini berdampak pada kesehatan mental dan pengembangan diri. Perancangan kampanye body positivity ini bertujuan meningkatkan kepercayaan diri generasi muda melalui pendekatan kualitatif dengan metode design thinking, serta teknik pengumpulan data berupa survei, wawancara dengan psikolog klinis, dan observasi tren visual di Instagram dan TikTok. Media utama berupa strategi media sosial pada akun @posibodi.club, dengan media pendukung seperti maskot, journaling book, dan merchandise. Aktivasi kampanye dilakukan melalui eksperimen sosial berupa pembagian merchandise di ruang publik. Hasil evaluasi melalui pre-test dan post-test menunjukkan adanya peningkatan skor kepercayaan diri dari rata-rata 22,4 (sebelum kampanye) menjadi 41,8 (sesudah kampanye). Hal ini menunjukkan peningkatan sebesar 86,6%. Temuan ini menunjukkan bahwa perancangan kampanye sosial berbasis media sosial efektif dalam membangun kesadaran dan penerimaan diri pada generasi muda.
URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2506110012
Keyword
Body positivity Kepercayaan Diri Kampanye Sosial Strategi Media Sosial Generasi Muda