Perancangan Zine Sebagai Media Edukasi Pencegahan Cyberbullying Kepada Generasi Z di Kota Bandar Lampung
Tujuan Perancangan ini untuk mengidentifikasi fenomena cyberbullying yang terjadi kepada generasi Z di Kota Bandar Lampung serta merancang zine sebagai media edukasi pencegahan cyberbullying. Tingginya pengguna internet media sosial oleh generasi Z di Kota Bandar Lampung, menjadi kekhawatiran tentang resiko penyalagunaan media sosial seperti cyberbullying, Kota Bandar Lampung menjadi salah satu kota yang sering terjadi kasus cyberbullying seperti denigration, impersonation dan flaming. Beberapa kasus dilakukan oleh mereka yang termasuk dalam generasi Z yang lahir pada tahun 1995 sampai 2009 yang dikatakan sebagai generasi modern. Minimnya media edukasi yang diperoleh sangat perlu adanya solusi antisipasi dan kreatif untuk mencegah hal tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan design thinking, yang terdiri dari lima tahapan: empathize, define, ideate, prototype, dan test. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, survei, observasi, serta studi pustaka. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode 5W+1H. Media utama yang dirancang merupakan media zine cetak dengan didukung media pendukung berupa zine digital, pembatas zine, poster, kalender event, dan photo prop. Hasil penelitian pada tahap user testing memberikan respon positif menunjukkan bahwa zine terbukti informatif, menarik, dan efektif dalam meningkatkan wawasan pembaca mengenai pencegahan cyberbullying. Secara keseluruhan, zine ini dapat meningkatkan literasi terhadap generasi Z tentang pemahaman bahayanya cyberbullying.
URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2512170047
Keyword
Media sosial; Cyberbullying; Generasi Z; Buku Zine