(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

Perancangan Aplikasi untuk Mengurangi Dampak Kecanduan Top Up Game Online di Kalangan Mahasiswa


Perancangan Aplikasi untuk Mengurangi Dampak Kecanduan Top Up Game Online di Kalangan Mahasiswa ini bertujuan untuk mengurangi dampak yang dihasilkan dari kecanduan top up, khususnya mahasiswa dari usia 18-21 tahun. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode dengan pendekatan kualitatif. Oleh sebab itu, agar bisa mengurangi dampak yang ditimbulkan, maka dibuatlah perancangan aplikasi mobile Ginance dengan menggunakan metode design thinking. Metode pendekatan design thinking memiliki beberapa tahapan yaitu empathize, define, ideate, prototype, dan testing. Melalui lima tahapan tersebut aplikasi ini akan di kembangkan sesuai dengan target pasar, sehingga perancangan aplikasi mobile dapat menjadi solusi untuk mengurangi dampak kecanduan top up game online di kalangan mahasiswa. Aplikasi untuk mengurangi kecanduan top up game online ini diberi nama Ginance. Ginance adalah sebuah aplikasi penyedia fitur limit top up game online dan keuangan yang mempermudah pengguna berdasarkan permasalahan yang didapat. Media utama dalam perancangan ini adalah user interface (UI) aplikasi yang bisa diakses melalui platform mobile. Media pendukung yang dirancang yaitu logo dan karakter, poster, flyer, x-banner, dan instagram untuk melengkapi perancangan media utama agar semakin efektif. Aplikasi ini dapat menjadi pengingat untuk menghindari dampak kecanduan top up game dengan fitur-fitur yang dikembangkan sesuai dengan kebutuhan pengguna dalam kategori finance ke hal yang lebih penting untuk masing masing pengguna.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2406040094

Keyword
Kecanduan Top Up Game Online Mahasiswa Media