[SIPIL - 2018] Analisis Jaringan Ruas Jalan Menuju Pintu Masuk Utama Kampus ITERA sebagai Upaya Mengantisipasi Peningkatan Lalu Lintas Kendaraan Akibat Dibukanya Tol Trans Sumatera Studi Kasus: Jalan Terusan RyacuduPrima Meliza (21113002) / Dr. Rahayu Sulistyorini, M.T. / Teknik Sipil, 2018Penelitian ini bertujuan untuk melakukan perbandingan kinerja ruas Jalan Terusan Ryacudu pada kondisi existing serta skenario jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang berdasarkan simulasi software VISSIM. Hasil perbandingan menjadi dasar pemberian rekomendasi dan tindakan perbaikan pada ma... |
EVALUASI UI/UX DAN PERANCANGAN FRONT-END PADA SISTEM INFORMASI PELAYANAN POLRES LAMPUNG TIMUR BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE HEURISTIC EVALUATIONLUCKY FEBRIAN / Andre Febrianto, S.Kom., M.Eng. / Teknik Informatika, 2024Sistem Informasi Pelayanan Polres Lampung Timur baru dibuat pada tahun 2021 dan belum pernah dilakukan evaluasi sehingga dilakukan preliminary research menggunakan 2 jenis kuisioner. Pada kuisioner pertama didapatkan beberapa masalah yang ditemukan oleh pengguna contohnya tidak adanya fitur penca... |
Pengaruh Kenyamanan dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Penumpang Kereta Cepat Jakarta-BandungGabriela Jesica Silalahi / Goldie Melinda Wijayanti, S.T., M.T / Perencanaan Wilayah dan Kota, 2024ABSTRAK Transportasi berkelanjutan merupakan isu penting dalam pengembangan perkotaan untuk mengurangi kemacetan dan polusi udara. Kereta cepat Jakarta-Bandung menjadi salah satu solusi yang diharapkan dapat meningkatkan mobilitas dan kualitas hidup penduduk perkotaan. Penelitian ini bertujuan ... |
ANALISIS DAMPAK LALU LINTAS PADA SEGMEN JALAN AKIBAT PEMBANGUNAN FLYOVER SULTAN AGUNG, BANDAR LAMPUNGI GUSTI AYU LIA PRABAWATI / Michael, S.T., M.T. / Teknik Sipil, 2024Ruas Jalan Sultan Agung adalah sebuah jalan di kota Bandar Lampung yang menjadi salah satu akses jalan dengan mobilitas yang cukup tinggi yang menyebabkan tersendatnya arus lalu lintas di beberapa titik ruas jalan tersebut akibat adanya perlintasan sebidang kereta api, pertokoan, dan supermarket. Pe... |
Evaluasi Penggunaan Obat Berdasarkan Indikator Peresepan dan Pelayanan Pasien Rawat Jalan di Rumah Sakit X Bandar LampungAngel Sharon Rose / Dr. apt. Sarmoko S.Farm., M.Sc. / Student Dissertations and Theses, 2024Menurut World Health Organization (WHO), penggunaan obat yang tidak tepat menjadi masalah utama di seluruh dunia. Salah satu cara untuk meminimalkan permasalah ini adalah dengan melakukan evaluasi penggunaan obat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui evaluasi penggunaan obat ditinjau dari indik... |
HUBUNGAN WAKTU TUNGGU PELAYANAN RESEP DENGAN KEPUASAN PASIEN DI INSTALASI RAWAT JALAN RSUD DR. A. DADI TJOKRODIPONANDA FEBIOLA / apt. Gayatri Simanullang, M,Si. / Farmasi, 2024Waktu tunggu pelayanan resep merupakan waktu yang dibutuhkan untuk menunggu palayanan obat dari penyerahan resep hingga selesai mendapatkan pelayanan informasi obat. Waktu tunggu pelayanan resep dan kepuasan pasien merupakan komponen potensial yang berdampak pada mutu pelayanan kefarmasian. Peneliti... |
ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA LRT (LIGHT RAIL TRANSIT) SUMATERA SELATAN TERHADAP STANDAR PELAYANAN MINIMUM ANGKUTAN ORANG DENGAN KERETA API DI PERJALANANReyna Ummaisha Roshanie / Michael S.T., M.Sc. / Teknik Sipil, 2024Jumlah populasi penduduk yang mencapai 1.707.996 dan terus meningkat setiap tahunnya sehingga tidak menutup kemungkinan tingkat kemacetan di Kota Palembang akan terus meningkat juga. Berkaitan tingginya populasi jiwa di Kota Palembang, menyebabkan terjadinya kelonjakan terhadap jumlah pengguna trans... |
Kualitas Pelayanan pada PT Kereta Api Indonesia Divisi Regional IV Tanjung Karang dengan Metode Service Quality dan Pendekatan DMAIC (Studi Kasus Stasiun Tanjung Karang)Yashinta Ayu Dya / Muhammad Faishal Jundana Muttaqin S.T.,M.T. / Teknik Industri, 2024Stasiun Tanjung Karang menjadi stasiun terbesar di Provinsi Lampung dengan total penumpang sebanyak 756 ribu orang pada tahun 2023. Jumlah penumpang tersebut mengalami fluktuasi pada bulan-bulan tertentu yang disebabkan karena permasalahan kualitas pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk menganali... |
Kajian Pelayanan Integrasi Antarmoda Berdasarkan Persepsi Pengguna pada Kawasan Blok MINSANISYIFA KHARISMA PERTIWI RABEL / Adinda Sekar Tanjung, S.T., M.T. / Student Dissertations and Theses, 2024Transportasi adalah kegiatan umum, terutama transportasi umum, dan integrasinya sangat penting untuk efektivitasnya. Dalam pengembangan transportasi umum, kondisi fisik yang baik diperlukan, salah satunya moda transportasi aktif seperti berjalan kaki. Pengembangan integrasi fisik, integrasi waktu, i... |
Evaluasi Kapasitas Lintas Jalur Ganda Dan Efektivitas Pelayanan Penumpang Kereta Api (Stasiun Kertapati - Prabumulih)Komang Krisna Deva / Ir. Titi Liliani Soedirjo, M.Sc. / Student Dissertations and Theses, 2024Penelitian ini mengevaluasi jalur ganda kereta api di Stasiun Kertapati-Prabumulih, yang mulai beroperasi pada tahun 2018, dengan fokus pada kapasitas lintas dan efektivitas pelayanan penumpang. Jalur ganda sepanjang 80 km ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas transportasi dan mengurangi risiko... |
Perancangan Kantor Bupati Kabupaten Lampung Utara dengan Konsep TransparansiM RENALDI RAMADAN ALAMSYAH / Roy C.P. Sigalingging, S.T., M.Sc., PhD. / Teknik Arsitektur, 2024Kantor Bupati adalah salah satu tempat atau gedung dalam suatu badan usaha kegiatan pemerintahan daerah dimana dilaksanakannya suatu pekerjaan. Kantor Bupati juga merupakan bangunan pemerintah yang berfungsi sebagai bangunan untuk memfasilitasi segala kegiatan pemerintahan serta untuk mendukung kebi... |
Peran dan Fungsi Kawasan Metropolitan Bandar Lampung Raya dalam Rencana PengembangannyaM. Taufik Arif Pangestu / Ryansyah Izhar, S.T., M.P.W.K. / Perencanaan Wilayah dan Kota, 2024Perkembangan Kawasan Metropolitan Jakarta Raya diawali secara tidak sengaja, namun dalam perkembangannya Kawasan Metropolitan Jakarta Raya yaitu Jakarta Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Puncak, dan Punjur berkembang menjadi kawasan metropolitan yang ideal, Perkembangan metropolitan ideal tersebut pe... |
Peningkatan Pada Pelayanan Transportasi Kereta Api Studi Kasus Di Stasiun Tanjung Karang Dengan Metode Evaluasi Dan SWOTM. DAVA ALFARIZI / Nurwanda Sari, S.T., M.T. / Teknik Perkeretaapian, 2024Transportasi merupakan sarana yang sangat penting dan strategis dalam memperlancar roda perekonomian. Salah satu transportasi tersebut ialah kereta api yang merupakan salah satu transportasi yang banyak digunakan oleh masyarakat di masa kini disamping biaya yang lebih terjangkau kereta api juga berp... |
ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENUMPANG TERHADAP RUANG TUNGGU STASIUN KERETA API TANJUNG KARANGArya Mareta / Ir. Titi Lilianin Soedirdjo, M.Sc. / Teknik Sipil, 2024Penelitian ini mengevaluasi ruang tunggu stasiun kereta api Tanjung Karang. Stasiun kereta api merupakan prasarana dalam sistem transportasi perkeretaapian, pada stasiun kereta api perlu adanya perhatian dalam upaya menjaga kinerja pelayanan stasiun terhadap kebutuhan pengunaannya baik secara kuanti... |
Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Stasiun LRT (Light Rail Transit) DJKA Sumatera Selatan Terhadap Standar Pelayanan Minimum Angkutan Orang Dengan Kereta Api Di StasiunFebris Zonceris Ginting / Michael, S.T., M.Sc. / Teknik Sipil, 2025Jumlah populasi penduduk yang mencapai 1.707.996 dan terus meningkat setiap tahunnya sehingga tidak menutup kemungkinan tingkat kemacetan di Kota Palembang akan terus meningkat juga. Berkaitan dengan tingginya populasi jiwa di kota Palembang, menyebabkan terjadinya kelonjakan terhadap jumlah penggun... |
Analisis Penerapan Standar Pelayanan Minimum dan Tingkat Kepuasan Pengguna Stasiun Kereta Api Commuter Line (Studi Kasus Stasiun Matraman Jakarta Timur)Nabil Juadi / Reza Asriandi Ekaputra, S.T., M.T. / Teknik Sipil, 2025Pada tahun 2022 Stasiun Matraman telah diresmikan sebagai stasiun alternatif bagi penumpang untuk mengurangi kepadatan pada Stasiun Manggarai dan diketahui pada bulan Mei 2024 Stasiun Matraman memiliki rata rata 4.601 pengguna dalam sehari dengan total pengguna selama sebulan 142.644 pengguna hal in... |
ANALISIS KINERJA SIMPANG TAK BERSINYAL DENGAN METODE PKJI 2023 DAN MIKROSIMULASI LALU LINTAS (Studi Kasus : Simpang Terminal Angkutan Kota Metro)ANGELICA INTAN NURISADEWI / Ir. Muhammad Abi Berkah Nadi, S.T., M.T., IPM. / Teknik Sipil, 2024Simpang tiga tak bersinyal pada Terminal Angkutan Kota Metro mengalami kemacetan akibat adanya pejalan kaki, angkutan umum dan kendaraan berhenti di badan jalan, kendaraan keluar masuk samping jalan, dan pedagang kaki lima yang menggunakan trotoar dan bahu jalan untuk tempat berjualan. Tujuan peneli... |
Pengaruh Variasi Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Pada Toko Baju ORBSCOArsyta Hevy Damayanti / Andhyka Tyaz Nugraha, S.P., M.Si., Ph.D. / Teknik Industri, 2024Pakaian di zaman modern saat ini lebih mengarah pada gaya hidup seseorang, sehingga memilih pakaian untuk digunakan bukan hanya berdasarkan pada fungsinya saja tetapi juga melihat tren yang sedang berlaku. Semakin ketatnya persaingan antar pelaku usaha maka diperlukannya strategi pemasaran. Strategi... |
ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP KUALITAS PRODUK ES KOPI SUSU DAJA DAN PELAYANAN DI KAFE DAJA HOUSEFADHILAH AUDINA / Noveliska Br Sembiring, S.TP., M.Sc. / Teknologi Industri Pertanian , 2025Daja House adalah salah satu kafe yang menawarkan es kopi susu daja sebagai produk unggulannya. Bulan Januari hingga September 2023, penjualan es kopi susu daja cenderung berfluktuasi. Akan tetapi, sejak bulan Oktober 2023 hingga Juni 2024 mengalami penurunan penjualan. Penurunan angka penjualan ... |
Evaluasi Tingkat Kepuasan Pengguna LRT (Light Rail Transit) Jakarta Sesuai Standar Pelayanan Minimum Dengan Pendekatan StatistikSatria Agung Permana / Hermon Frederik Tambunan, S.T., M.T. / Teknik Sipil, 2025Jakarta sebagai kota metropolitan dengan pertumbuhan penduduk yang pesat menghadapi tantangan dalam menyediakan sistem transportasi yang efisien dan berkelanjutan. Salah satu moda transportasi yang dikembangkan adalah Light Rail Transit (LRT), yang bertujuan mengurangi kemacetan serta meningkatkan k... |
RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI DESA MENGGUNAKAN METODE PERSONAL EXTREME PROGRAMING (PXP) (Studi Kasus: Desa Pardomuan I Kabupaten Samosir)Hizkia Herbin Jeremia Naibaho / Aidil Afriansyah, S.Kom., M.Kom / Teknik Informatika, 2025Desa Pardomuan I yang terletak di Kabupaten Samosir masih menggunakan sistem manual dalam pelayanan administrasi desa, seperti pengajuan surat, pencatatan data penduduk, dan pengarsipan dokumen. Sistem manual ini dinilai kurang efisien dan berisiko menyebabkan kerusakan atau kehilangan data. Untuk m... |
Pendekatan Wayfinding pada Rancangan Mal Pelayanan Publik di Kota MetroRENNY CHANTIKA PUTRI / Roy Candra P Sigalingging, M.Sc., Ph.D. / Teknik Arsitektur, 2025Laporan tugas akhir ini membahas pendekatan wayfinding sebagai dasar perancangan Mal Pelayanan Publik di Kota Metro, dengan tujuan menciptakan ruang yang mudah dipahami dan diakses oleh berbagai pengguna. Wayfinding merupakan sistem navigasi yang membantu pengunjung menemukan arah dan lokasi layanan... |
Pendekatan Wayfinding pada Rancangan Mal Pelayanan Publik di Kota MetroRENNY CHANTIKA PUTRI / Roy Candra P Sigalingging, M.Sc., Ph.D. / Teknik Arsitektur, 2025Laporan tugas akhir ini membahas pendekatan wayfinding sebagai dasar perancangan Mal Pelayanan Publik di Kota Metro, dengan tujuan menciptakan ruang yang mudah dipahami dan diakses oleh berbagai pengguna. Wayfinding merupakan sistem navigasi yang membantu pengunjung menemukan arah dan lokasi layanan... |
Perancangan Kantor Pusat Pelayanan Publik di Kabupaten Lampung Tengah dengan Pendekatan PlacemakingAmirul Ikhsan / Roy Candra P Sigalingging, M.Sc., Ph.D. / Teknik Arsitektur, 2025ABSTRAK Perancangan Kantor Pusat Pelayanan Publik di Kabupaten Lampung Tengah ini bertujuan untuk menciptakan ruang pelayanan yang terpadu, nyaman, dan merepresentasikan identitas budaya lokal. Mengusung konsep “Comfort Place” dengan pendekatan placemaking, proyek ini menekankan pada pencipta... |
EVALUASI KINERJA PELAYANAN JALAN TOL DITINJAU DARI STANDAR PEMERINTAH DAN PERSEPSI PENGGUNAMUHAMMAD FAUZAN / Dr. Rajiman, M.M., M.T. / Teknik Sipil, 2025Rest area merupakan fasilitas penting dalam mendukung keselamatan dan kenyamanan pengguna jalan tol. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi aspek kelayakan dan pelayanan serta menganalisis tingkat kepuasan pengguna di rest area KM 116A pada ruas Jalan Tol Bakauheni – Terbanggi Besar. Eval... |
Persepsi Pengunjung Terhadap Pelayanan Pariwisata Bendungan Gintung, Kelurahan Cirendeu, Kota Tangerang SelatanTAZKIA ELEVENA ADSA / Dian Prasetyaning Sukmawati, S.T., M.T. / Perencanaan Wilayah dan Kota, 2025Bendungan Gintung dibangun pada tahun 1932-1933 seluas 31 Ha untuk menampung air hujan untuk irigasi dan pariwisata, berkapasitas ±500.000 m³. Pada 27 Maret 2009, tanggul bendungan mengalami keruntuhan, menimbulkan korban jiwa dan kerusakan. Pascainsiden, terdapat pemasaran wisata yang difokuskan ... |
Evaluasi Pelayanan Informasi Unit Humas ITERA pada Media Instagram Menggunakan Importance-Performance MatrixNajwa Muthmainnah / Andhyka Tyaz Nugraha, S.P., M.Si., Ph.D. / Teknik Industri, 2025Reputasi dalam dunia bisnis modern menjadi hal yang harus terukur agar menciptakan nilai dan keyakinan masyarakat terhadap perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelayanan unit Humas ITERA pada media Instagram menggunakan Importance-Performance Matrix (IPM). Metode yang digunakan ad... |