(0721) 8030188    [email protected]   

Evaluasi Pelayanan Informasi Unit Humas ITERA pada Media Instagram Menggunakan Importance-Performance Matrix


Reputasi dalam dunia bisnis modern menjadi hal yang harus terukur agar menciptakan nilai dan keyakinan masyarakat terhadap perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelayanan unit Humas ITERA pada media Instagram menggunakan Importance-Performance Matrix (IPM). Metode yang digunakan adalah mixed method dengan desain pendekatan eksplanasi berurutan (Sequential Explanatory Strategy). Data dikumpulkan melalui survei terhadap 200 responden yang merupakan followers akun Instagram ITERA, dan berdomisili di luar Bandar Lampung. Variabel yang digunakan meliputi information quality, information quantity, information credibility, information usefulness, dan information adoption. Variabel ini diukur menggunakan SmartPLS 3 untuk mengetahui apakah mampu menggambarkan kualitas layanan informasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelima variabel mampu menggambarkan kualitas layanan informasi dengan tingkat kesesuaian antara harapan dan kinerja sudah mencapai 95,8%. Kemudian penelitian ini memberikan strategi yang sesuai dengan karakteristik setiap variabel menggunakan strategi Strength, Weaknesses, Opportunity, dan Threats (SWOT). Penelitian ini memberikan kontribusi baru dalam mengevaluasi layanan di sektor pendidikan, dan menjadi dasar evaluasi strategis untuk Unit Humas ITERA secara berkelanjutan.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2506200013

Keyword
Pelayanan Informasi Importance-Performance Matrix SWOT Information Services