(0721) 8030188    [email protected]   

Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Tarif Terhadap Kepuasan Pengguna Jalan Tol Bakauheni - Terbanggi Besar


Jalan tol merupakan jalan bebas hambatan yang bertujuan untuk mempercepat sarana transportasi dan menumbuhkan titik ekonomi baru. Kementerian PUPR sedang mengembangkan Jalan Tol Trans Sumatera (JTSS), terdapat ruas jalan tol sepanjang 140,41 km yang merupakan ruas jalan tol terpanjang kedua di indonesia yaitu Ruas Jalan Tol Bakauheni – Terbanggi Besar di JTTS. Jalan tol ini menghadapi berbagai masalah, seperti jalan berlubang, penerangan yang minim, fasilitas rest area yang kurang memadai dan lainnya. Selain itu, setelah penetapan regulasi tarif baru pada MEI 2023, terjadi penurunan Lalu Lintas Harian (LHR) di Ruas Jalan Tol Bakauheni – Terbanggi Besar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan tarif terhadap kepuasan pengguna Jalan Tol Bakauheni – Terbanggi Besar. Metode penelitian menggunakan analisis regresi linear berganda dengan bantuan Microsoft Excel dan SPSS, berdasarkan data kuesioner yang disebar di beberapa rest area kepada pengguna Jalan Tol Bakauheni – Terbanggi Besar. Hasil analisis menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan tarif tol memiliki pengaruh negatif terhadap kepuasan pengguna, dengan total kontribusi sebesar 56,5

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2507230027

Keyword
Kualitas Pelayanan Tarif Tol Kepuasan Pengguna Jalan Tol Bakauheni - Terbanggi Besar