(0721) 8030188    [email protected]   

Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Stasiun LRT (Light Rail Transit) DJKA Sumatera Selatan Terhadap Standar Pelayanan Minimum Angkutan Orang Dengan Kereta Api Di Stasiun


Jumlah populasi penduduk yang mencapai 1.707.996 dan terus meningkat setiap tahunnya sehingga tidak menutup kemungkinan tingkat kemacetan di Kota Palembang akan terus meningkat juga. Berkaitan dengan tingginya populasi jiwa di kota Palembang, menyebabkan terjadinya kelonjakan terhadap jumlah pengguna transportasi umum berkelanjutan, salah satunya LRT. Meskipun jumlah pengguna yang banyak sering dianggap sebagai indikator positif untuk popularitas dan kebutuhan layanan stasiun dan transportasi, hal tersebut tidak menjamin bahwa standar pelayanan minimum yang diberikan akan selalu bernilai baik. Penelitian ini membahas studi mobilitas berkelanjutan kereta api ringan atau Light Rail Transit dengan menganalisis tingkat kepuasan pengguna stasiun LRT (Light Rail Transit) DJKA Sumatera Selatan terhadap standar pelayanan minimum angkutan orang dengan kereta api di stasiun. Data dikumpulkan melalui sebaran instrumen berupa angket kuesioner yang dibuat dengan mengacu PM. No. 63 Tahun 2019. Analisis didapatkan indikator yang memiliki pengaruh terhadap tingkat kepuasaan pengguna stasiun LRT DJKA Sumatera Selatan adalah indikator kenyamanan, kemudahan, dan kehandalan/keteraturan. Dilihat dari analisis deskriptif perjalanan, salah satunya bagi pengguna LRT yang memiliki jarak rumah menuju stasiun DJKA tergolong dekat 1-3 km juga memiliki tingkat kepuasan terhadap indikator kehandalan/keteraturan. Pengguna stasiun LRT DJKA Sumatera Selatan merasa indikator keselamatan, keamanan, dan kesetaraan tidak memiliki pengaruh terhadap tingkat kepuasan mereka karena telah merasa bahwa standar pelayanan untuk indikator tersebut telah memenuhi standar dan mereka lebih memprioritaskan pengaruh dari suatu kenyamanan dan kebersihan, serta ketenangan di dalam stasiun LRT DJKA itu sendiri.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2502040025

Keyword
transportasi standar pelayanan minimum kepuasan LRT indikator regresi linear berganda transportation minimum service standards satisfaction LRT indicators multiple linear regression