EVALUASI UI/UX DAN PERANCANGAN FRONT-END PADA SISTEM INFORMASI PELAYANAN POLRES LAMPUNG TIMUR BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE HEURISTIC EVALUATION
Sistem Informasi Pelayanan Polres Lampung Timur baru dibuat pada tahun 2021
dan belum pernah dilakukan evaluasi sehingga dilakukan preliminary research
menggunakan 2 jenis kuisioner. Pada kuisioner pertama didapatkan beberapa masalah
yang ditemukan oleh pengguna contohnya tidak adanya fitur pencarian berita dan lupa
kata sandi dan pada kuisioner kedua didapatkan skor SUS 48.5 dengan grade F yang
kategori Not Acceptable. Berdasarkan hasil preliminary research perlu adanya
eveluasi dan perancangan front-end baru untukeningkatkan pengalaman pengguna
sistem informasi Polres Lampung Timur dan menciptakan tampilan antarmuka yang
mempunyai tingkat masalah usability yang minim
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode metode Heuristic
Evaluation dan System Usability Scale (SUS). Metode System Usability Scale (SUS)
digunakan untuk mengetahui nilai kepuasan pengguna terhadap aspek usability dari
website Polres Lampung Timur dengan pengguna (end user) sebagai penguji namun
kekurangan dari metode ini adalah tidak menghasilkan permasalahan usability yang
ada. Sedangkan metode Heuristic Evaluation digunakan untuk menemukan
permasalahan usability dalam tampilan antarmuka dan juga solusi dari permasalahan
yang ada pada sistem informasi melalui para evaluator expert, namun kekurangan dari
metode ini adalah tidak adanya nilai kuantitatif yang mengukur tingkat usability secara
keseluruhan berdasarkan para pengguna. Sehingga penggunaan 2 metode ini saling
melengkapi satu sama lain
Pengambilan data dilakukan dengan metode Heuristic Evaluation pada sistem
yang lama dan didapatkan 58 permasalahan. Selanjutnya data dianalisis dan dilakukan
perancangan front-end baru. Setelah itu dilakukan pengujian pada front-end terbaru
dan didapatkan hasil hasil skor SUS 83.9 dengan grade A dan 5 temuan masalah dari
Heuristic Evaluation
Kata Kunci : Sistem Informasi Pelayanan, System Usability Scale (SUS), Heuristic
Evaluation (HE), Front-end, Expert
URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2405290064
Keyword
Sistem Informasi Pelayanan System Usability Scale (SUS) Heuristic Evaluation (HE) Front-end Expert