(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

EVALUASI UI/UX DAN PERANCANGAN FRONT-END PADA SISTEM INFORMASI PELAYANAN POLRES LAMPUNG TIMUR BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE HEURISTIC EVALUATION


Sistem Informasi Pelayanan Polres Lampung Timur baru dibuat pada tahun 2021 dan belum pernah dilakukan evaluasi sehingga dilakukan preliminary research menggunakan 2 jenis kuisioner. Pada kuisioner pertama didapatkan beberapa masalah yang ditemukan oleh pengguna contohnya tidak adanya fitur pencarian berita dan lupa kata sandi dan pada kuisioner kedua didapatkan skor SUS 48.5 dengan grade F yang kategori Not Acceptable. Berdasarkan hasil preliminary research perlu adanya eveluasi dan perancangan front-end baru untukeningkatkan pengalaman pengguna sistem informasi Polres Lampung Timur dan menciptakan tampilan antarmuka yang mempunyai tingkat masalah usability yang minim Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode metode Heuristic Evaluation dan System Usability Scale (SUS). Metode System Usability Scale (SUS) digunakan untuk mengetahui nilai kepuasan pengguna terhadap aspek usability dari website Polres Lampung Timur dengan pengguna (end user) sebagai penguji namun kekurangan dari metode ini adalah tidak menghasilkan permasalahan usability yang ada. Sedangkan metode Heuristic Evaluation digunakan untuk menemukan permasalahan usability dalam tampilan antarmuka dan juga solusi dari permasalahan yang ada pada sistem informasi melalui para evaluator expert, namun kekurangan dari metode ini adalah tidak adanya nilai kuantitatif yang mengukur tingkat usability secara keseluruhan berdasarkan para pengguna. Sehingga penggunaan 2 metode ini saling melengkapi satu sama lain Pengambilan data dilakukan dengan metode Heuristic Evaluation pada sistem yang lama dan didapatkan 58 permasalahan. Selanjutnya data dianalisis dan dilakukan perancangan front-end baru. Setelah itu dilakukan pengujian pada front-end terbaru dan didapatkan hasil hasil skor SUS 83.9 dengan grade A dan 5 temuan masalah dari Heuristic Evaluation Kata Kunci : Sistem Informasi Pelayanan, System Usability Scale (SUS), Heuristic Evaluation (HE), Front-end, Expert

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2405290064

Keyword
Sistem Informasi Pelayanan System Usability Scale (SUS) Heuristic Evaluation (HE) Front-end Expert