Peningkatan Pada Pelayanan Transportasi Kereta Api Studi Kasus Di Stasiun Tanjung Karang Dengan Metode Evaluasi Dan SWOT
Transportasi merupakan sarana yang sangat penting dan strategis dalam memperlancar roda perekonomian. Salah satu transportasi tersebut ialah kereta api yang merupakan salah satu transportasi yang banyak digunakan oleh masyarakat di masa kini disamping biaya yang lebih terjangkau kereta api juga berperan sebagai penunjang, pendorong, dan penggerak bagi pertumbuhan suatu daerah yang berpotensi dalam peningkatan dan pemerataan pembangunan pada daerah tersebut. Tingginya minat masyarakaat terhadap moda transportasi kereta api harus diimbangi dengan kualitas pelayanan yang baik,salah satunya pada bagian prasarana yaitu stasiun kereta api. Stasiun merupakan tempat naik dan turunnya penumpang menggunakan kereta api, maka dari itu stasiun harus memiliki pelayanan yang baik agar maka minat masyarakat menggunakan kereta api akan meningkat namun sebaliknya jika pelayanan yang diberikan tidak sesuai maka minat masyarakat akan menurun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana meningkatkan pelayanan transportasi kereta api yang berada di stasiun Tanjung Karang dengan metode Evaluasi dan SWOT. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan pengumpulan data dilakukan secara langsung ke lapangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode analisis SWOT metode ini digunakan untuk mendapatkan solusi demi meningkatkan kinerja pelayanan di Stasiun Tanjung Karang. Hasil penelitian didapatkan bahwa tingkat pelayanan dan fasilitas stasiun Tanjung Karang yang telah di teliti dan di lihat secara langsung dilapangan sudah sesuai dengan standar SPM hal ini menunjukan bahwa keenam jenis fasilitas (keselamatan, keamanan, kehandalan, kenyamanan, kemudahan, dan kesetaraan) yang ada di stasiun sudah memenuhi tolak ukur sesuai SPM, itu artinya pihak stasiun tanjung karang telah merealisasikan keenam jenis pelayanan yang ada di SPM. Namun untuk meningkatkan kinerja pelayanan agar lebih baik lagi maka Stasiun Tanjung Karang perlu menyediakan area tunggu/ tempat duduk yang lebih luas, menyediakan area khusus cetak boarding pass, peningkatan pada penumpang disabilitas, dan adanya tempat pengaduan.
URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2409260086
Keyword
Pelayanan Transportasi Stasiun Evaluasi SWOT