(0721) 8030188    [email protected]   

Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Kedai Kopi Tempat Ketiga di Bandar Lampung


Era globalisasi telah mengubah interaksi sosial dan gaya hidup Masyarakat sehingga kebiasaan minum kopi di kedai sebagai tren sosial. Minat masyarakat terhadap konsumsi kopi memicu persaingan ketat antar kedai kopi, termasuk di Bandar Lampung. Fenomena ini mendorong kedai kopi Tempat Ketiga untuk menawarkan produk yang dapat memengaruhi keputusan pembelian konsumen. Upaya meningkatkan keputusan pembelian, kedai kopi Tempat Ketiga perlu memperhatikan beberapa faktor terkait kualitas produk, harga, dan kualitas pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas produk, harga, dan kualitas pelayanan secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian pada kedai kopi Tempat Ketiga. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 96 responden. Metode yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan bantuan software SPSS versi 26. Hasil uji t kualitas produk dan kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen di kedai kopi Tempat Ketiga, dengan nilai t hitung masing-masing 2,124 dan 6,565, serta signifikansi 0,036 dan 0,000. Sebaliknya, harga secara parsial tidak berpengaruh signifikan, dengan t hitung 0,265 dan signifikansi 0,792. Hasil uji F menunjukkan bahwa kualitas produk, harga, dan kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen di kedai kopi Tempat Ketiga, dengan nilai F hitung 46,804 > F tabel 2,704 dan signifikansi 0,000.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2509220012

Keyword
Analisis Regresi Linier Berganda Harga Keputusan Pembelian Kualitas Pelayanan Kualitas Produk