Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Kualitas Pelayanan
Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Kedai Kopi
Tempat Ketiga di Bandar Lampung
Era globalisasi telah mengubah interaksi sosial dan gaya hidup
Masyarakat sehingga kebiasaan minum kopi di kedai sebagai tren
sosial. Minat masyarakat terhadap konsumsi kopi memicu persaingan
ketat antar kedai kopi, termasuk di Bandar Lampung. Fenomena ini
mendorong kedai kopi Tempat Ketiga untuk menawarkan produk yang
dapat memengaruhi keputusan pembelian konsumen. Upaya
meningkatkan keputusan pembelian, kedai kopi Tempat Ketiga perlu
memperhatikan beberapa faktor terkait kualitas produk, harga, dan
kualitas pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis
pengaruh kualitas produk, harga, dan kualitas pelayanan secara parsial
dan simultan terhadap keputusan pembelian pada kedai kopi Tempat
Ketiga. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive
sampling dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 96 responden.
Metode yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan
bantuan software SPSS versi 26. Hasil uji t kualitas produk dan kualitas
pelayanan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan
pembelian konsumen di kedai kopi Tempat Ketiga, dengan nilai t hitung
masing-masing 2,124 dan 6,565, serta signifikansi 0,036 dan 0,000.
Sebaliknya, harga secara parsial tidak berpengaruh signifikan, dengan t
hitung 0,265 dan signifikansi 0,792. Hasil uji F menunjukkan bahwa
kualitas produk, harga, dan kualitas pelayanan secara simultan
berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen di
kedai kopi Tempat Ketiga, dengan nilai F hitung 46,804 > F tabel 2,704
dan signifikansi 0,000.
URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2509220012
Keyword
Analisis Regresi Linier Berganda Harga Keputusan Pembelian Kualitas Pelayanan Kualitas Produk