(0721) 8030188    [email protected]   

HUBUNGAN WAKTU TUNGGU PELAYANAN RESEP DENGAN KEPUASAN PASIEN DI INSTALASI RAWAT JALAN RSUD DR. A. DADI TJOKRODIPO


Waktu tunggu pelayanan resep merupakan waktu yang dibutuhkan untuk menunggu palayanan obat dari penyerahan resep hingga selesai mendapatkan pelayanan informasi obat. Waktu tunggu pelayanan resep dan kepuasan pasien merupakan komponen potensial yang berdampak pada mutu pelayanan kefarmasian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran waktu tunggu pelayanan resep dan kepuasan pasien di RSUD Dr. A. Dadi Tjokrodipo, serta mengetahui hubungan antar keduanya. Jenis penelitian ini adalah non-eksperimental dengan desain penelitian cross sectional. Data diambil dengan teknik consecutive sampling menggunakan kuesioner kepuasan pasien dan waktu tunggu pelayanan resep yang dianalisis secara univariat dan bivariat. Pada penelitian ini didapatkan sampel sebanyak 98 responden pasien rawat jalan RSUD Dr. A. Dadi Tjokrodipo yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Karakteristik 98 responden pada penelitian ini didominasi usia 17-30 tahun, jenis kelamin perempuan, lama pendidikan ≤12 tahun, dan jumlah kunjungan ≥2 kali. Rata-rata waktu tunggu obat racik 54,35 menit dan obat jadi 26,22 menit. Hasil penelitian menyatakan 44 responden (44,9%) memiliki waktu tunggu resep tidak sesuai standar dan 54 responden (55,1%) sesuai standar, sedangkan untuk kepuasan pasien sebesar 73 responden (74,5%) menyatakan sangat puas, 10 responden (10,2%) menyatakan puas dan 15 responden (15,3%) menyatakan tidak puas. Hasil analisis statistik dengan menggunakkan uji chi square menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara waktu tunggu pelayanan resep dengan kepuasan pasien di instalasi rawat jalan RSUD Dr. A. Dadi Tjokrodipo dengan nilai p-value 0,025 (p<0,05). Kata Kunci: Waktu Tunggu, Kepuasan Pasien, Pelayanan Resep

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2408250008

Keyword
Waktu Tunggu, Kepuasan Pasien, Pelayanan Resep