ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA LRT (LIGHT RAIL TRANSIT) SUMATERA SELATAN TERHADAP STANDAR PELAYANAN MINIMUM ANGKUTAN ORANG DENGAN KERETA API DI PERJALANAN
Jumlah populasi penduduk yang mencapai 1.707.996 dan terus meningkat setiap tahunnya sehingga tidak menutup kemungkinan tingkat kemacetan di Kota Palembang akan terus meningkat juga. Berkaitan tingginya populasi jiwa di Kota Palembang, menyebabkan terjadinya kelonjakan terhadap jumlah pengguna transportasi umum berkelanjutan, salah satunya LRT. Meskipun jumlah pengguna yang banyak sering dianggap sebagai indikator positif untuk popularitas dan kebutuhan layanan transportasi, hal tersebut tidak menjamin bahwa standar pelayanan minimum yang diberikan akan selalu bernilai baik. Penelitian ini membahas studi mobilitas berkelanjutan kereta api ringan atau Light Rail Transit dengan menganalisis tingkat kepuasan pengguna LRT (Light Rail Transit) Sumatera Selatan terhadap standar pelayanan minimum angkutan orang dengan kereta api di perjalanan. Data dikumpulkan melalui sebaran instrumen berupa angket kuesioner yang dibuat dengan mengacu PM. No. 63 Tahun 2019. Analisa metode menghasilkan persamaan regresi linear berganda. Berdasarkan analisis, didapatkan indikator yang memiliki pengaruh terhadap tingkat kepuasan pengguna LRT Sumatera Selatan adalah indikator kehandalan/keteraturan, kemudahan dan keselamatan. Dilihat dari analisis deskriptif perjalanan, salah satunya bagi pengguna LRT yang memiliki jarak rumah menuju stasiun tergolong dekat kurang lebih 1 km – 3 km juga memiliki tingkat kepuasan terhadap indikator kehandalan dan keteraturan. Pengguna LRT Sumatera Selatan merasa indikator keamanan, kenyamanan dan kesetaraan tidak memiliki pengaruh terhadap tingkat kepuasan mereka karena telah merasa bahwa standar pelayanan untuk indikator tersebut telah memenuhi standar dan mereka lebih memprioritaskan pengaruh dari suatu kehandalan waktu dan informasi terkait jadwal LRT itu sendiri.
Kata kunci: transportasi, standar pelayanan minimum, kepuasan, LRT, indikator, regresi linear berganda
URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2408260047
Keyword
transportasi Standar Pelayanan Minimum Kepuasan LRT Indikator Regresi Linear Berganda