Analisis Kualitas Layanan Rumah Sakit Terhadap Kepuasan Pasien: Studi Kasus Rumah Sakit Umum Daerah Bandar LampungDea Asriani Saragih / Andhyka Tyaz Nugraha, S.P., M.Si., Ph.D. / Teknik Industri, 2024Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan rumah sakit dengan merepresentasikan dari skala HospitalQual terhadap kepuasan pasien dengan memberikan usulan perbaikan kepada Rumah Saki Dr. H. Abdul Moeloek Bandar Lampung. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada hubungan penga... |
ANALISIS ATRIBUT KEMASAN KERIPIK PISANG BERDASARKAN PREFERENSI KONSUMEN MENGGUNAKAN METODE KANO DAN SEM-PLS (STUDI KASUS UMKM KERIPIK PISANG TUNAS)MUTIARA CAHYANI / Rinda Gusvita, S.T.P.,M.Sc. / Student Dissertations, 2024Pelaku UMKM mayoritas merupakan masyarakat yang berusia diatas 30 tahun hingga lanjut usia, sehingga sehingga hanya berfokus pada produksi produk. Kurangnya pengetahuan pelaku UMKM terhadap atribut kemasan yang dapat membantu meningkatkan pemasaran produk. Penelitian kualitatif ini menggunakan metod... |
Tingkat Keberhasilan Program Revitalisasi Taman Merdeka sebagai Ruang Terbuka Hijau (RTH) Publik di Kota MetroSovi Karina Mulyani / Asirin, S.T., M.T., / Perencanaan Wilayah dan Kota, 2024Penelitian ini membahas tingkat keberhasilan program revitalisasi Taman Merdeka sebagai Ruang Terbuka Hijau (RTH) publik di Kota Metro. Berdasarkan peraturan pemerintah yang menekankan pentingnya RTH dalam kota, Taman Merdeka akhirnya direvitalisasi untuk mengembalikan fungsinya sebagai ruang terbuk... |
Kualitas dan Kinerja Perpustakaan Institut Teknologi Sumatera dan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan MahasiswaDina Yuliani / Andhyka Tyaz Nugraha / Teknik Industri, 2024Perpustakaan Institut Teknologi Sumatera (ITERA) adalah salah satu layanan yang disediakan untuk mempermudah civitas ITERA memperoleh informasi. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh dari kualitas dan kinerja perpustakaan ITERA terhadap kepuasan mahasiswa berdasarkan pener... |
SISTEM REKOMENDASI INDEKOS DENGAN MENGGUNAKAN CONTENT-BASED FILTERING PADA DATASET INDEKOS DI SEKITAR ITERADeniesh Nathanael Virginiel / Meida Cahyo Untoro, S.Kom., M.Kom. / Teknik Informatika, 2024Penelitian ini menyajikan sistem rekomendasi content-based yang dirancang untuk membantu mahasiswa dalam menemukan indekos yang sesuai di sekitar Institut Teknologi Sumatera (ITERA). Sistem rekomendasi ini menggunakan berbagai atribut dari akomodasi, seperti ketersediaan kamar untuk pria, wanita, at... |
Evaluasi Pembangunan Kolam Retensi Multiguna Embung A ITERA Berdasarkan Subjektivitas Pengunjung dan Objektivitas Standar IdealKANIA FIRSTDIANTY AURELIA PUTRI / Asirin, S. T., M. T. / Perencanaan Wilayah dan Kota, 2024Undang-Undang Nomor 26 tahun 2007 tentang Penataan Ruang mengatakan bahwa setiap kota harus memiliki proporsi RTH minimal 30 persen dari luas wilayah kota. Sedangkan persentase RTH Publik yang ada di Kota Bandar Lampung saat ini hanya berkisar 4,5 persen dari total luas wilayah yaitu 197,22 km perse... |
HUBUNGAN WAKTU TUNGGU PELAYANAN RESEP DENGAN KEPUASAN PASIEN DI INSTALASI RAWAT JALAN RSUD DR. A. DADI TJOKRODIPONANDA FEBIOLA / apt. Gayatri Simanullang, M,Si. / Farmasi, 2024Waktu tunggu pelayanan resep merupakan waktu yang dibutuhkan untuk menunggu palayanan obat dari penyerahan resep hingga selesai mendapatkan pelayanan informasi obat. Waktu tunggu pelayanan resep dan kepuasan pasien merupakan komponen potensial yang berdampak pada mutu pelayanan kefarmasian. Peneliti... |
ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA LRT (LIGHT RAIL TRANSIT) SUMATERA SELATAN TERHADAP STANDAR PELAYANAN MINIMUM ANGKUTAN ORANG DENGAN KERETA API DI PERJALANANReyna Ummaisha Roshanie / Michael S.T., M.Sc. / Teknik Sipil, 2024Jumlah populasi penduduk yang mencapai 1.707.996 dan terus meningkat setiap tahunnya sehingga tidak menutup kemungkinan tingkat kemacetan di Kota Palembang akan terus meningkat juga. Berkaitan tingginya populasi jiwa di Kota Palembang, menyebabkan terjadinya kelonjakan terhadap jumlah pengguna trans... |
Studi Karakteristik Pengguna dan Tingkat Kepuasan Pengguna Transportasi Publik Studi Kasus TransjakartaROLAND / Adinda Sekar Tanjung, S.T., MT. / Perencanaan Wilayah dan Kota, 2024Penelitian ini didasarkan pada pentingnya transportasi publik dalam mengatasi permasalahan kemacetan dan polusi di Jakarta, serta kebutuhan untuk memahami tingkat kepuasan pengguna guna meningkatkan kualitas layanan. Permasalahan yang diangkat adalah bagaimana karakteristik pengguna Transjakar... |
Evaluasi Kapasitas Lintas Jalur Ganda Dan Efektivitas Pelayanan Penumpang Kereta Api (Stasiun Kertapati - Prabumulih)Komang Krisna Deva / Ir. Titi Liliani Soedirjo, M.Sc. / Student Dissertations and Theses, 2024Penelitian ini mengevaluasi jalur ganda kereta api di Stasiun Kertapati-Prabumulih, yang mulai beroperasi pada tahun 2018, dengan fokus pada kapasitas lintas dan efektivitas pelayanan penumpang. Jalur ganda sepanjang 80 km ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas transportasi dan mengurangi risiko... |
Pengembangan Desain Kemasan Produk Keripik Singkong Dengan Pendekatan Quality Function Deployment (QFD) Dan Analisis Preferensi Konsumen Menggunakan Metode Kano (Studi Kasus UMKM Keripik Singkong Suka Rasa)ANISA ZELIKASMELDA / Muhammad Faishal Jundana Mutaqqin, S.T., M.T. / Student Dissertations and Theses, 2024Dalam era persaingan global, kemasan memainkan peran penting tidak hanya sebagai pelindung produk tetapi juga sebagai alat yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. UMKM Keripik Singkong Suka Rasa, yang telah beroperasi sejak 2004, menghadapi tantangan dalam meningkatkan kualitas kemasan untuk... |
ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENUMPANG TERHADAP RUANG TUNGGU STASIUN KERETA API TANJUNG KARANGArya Mareta / Ir. Titi Lilianin Soedirdjo, M.Sc. / Teknik Sipil, 2024Penelitian ini mengevaluasi ruang tunggu stasiun kereta api Tanjung Karang. Stasiun kereta api merupakan prasarana dalam sistem transportasi perkeretaapian, pada stasiun kereta api perlu adanya perhatian dalam upaya menjaga kinerja pelayanan stasiun terhadap kebutuhan pengunaannya baik secara kuanti... |
PENGARUH KOMPONEN ORGANISASIONAL, HUBUNGAN INTERNAL, DAN KOMPENSASI TERHADAP RETENSI KARYAWAN DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Kasus PT Perkebunan Nusantara 1 Regional 7)FAREL MUZAKKI / Andhyka Tyaz Nugraha, S.P., M.Si., Ph.D. / Teknik Industri, 2024Dinamika dalam suatu organisasi perusahaan akan melibatkan peran dari sumber daya manusia. Karena itu, penting bagi perusahaan untuk memperhatikan pengelolaan sumber daya manusia dengan baik. Jika pengelolaan sumber daya manusia tidak dikelola dengan baik dapat menyebabkan fenomena turnover. Tujuan ... |
ANALISIS VARIABEL DALAM MEMPERTAHANKAN ZERO ACCIDENT PADA PT PERTAMINA PATRA NIAGA IT PANJANG MENGGUNAKAN METODE STRUCTURAL EQUATION MODELING - PARTIAL LEAST SQUARE (SEM - PLS)Zahara Elta / Nur Miswari, M.T. / Teknik Industri, 2025PT Pertamina Patra Niaga IT Panjang merupakan salah satu perusahaan yang berkomitmen zero accident. Perusahaan mendata keadaan zero accident menggunakan Jam Kerja Selamat (JKS), meskipun masih terdapat kecelakaan kerja. Tujuan dari penelitian ini adalah menyelidiki hubungan antar variabel untuk memp... |
ANALISIS BAURAN PEMASARAN 5P TERHADAP KEPERCAYAAN, KEPUASAN DAN KESETIAAN KONSUMEN PADA SENTRA OLEH-OLEH KERIPIK PISANG DI BANDARLAMPUNGKRISNINA YUSLILIA SARAGIH / Andhyka Tyaz Nugraha, S.P., M.Si., Ph.D. / Teknik Industri, 2025Penjulan produk serupa di Sentra oleh-oleh keripik pisang Bandarlampung menimbulkan kebingungan bagi konsumen untuk memilih produk yang sesuai harapan. Ada banyak cara yang bisa dilakukan dengan strategi pemasaran. Penerapan bauran pemasaran (MM) adalah salah satunya. Penelitian ini bertujuan ... |
Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Stasiun LRT (Light Rail Transit) DJKA Sumatera Selatan Terhadap Standar Pelayanan Minimum Angkutan Orang Dengan Kereta Api Di StasiunFebris Zonceris Ginting / Michael, S.T., M.Sc. / Teknik Sipil, 2025Jumlah populasi penduduk yang mencapai 1.707.996 dan terus meningkat setiap tahunnya sehingga tidak menutup kemungkinan tingkat kemacetan di Kota Palembang akan terus meningkat juga. Berkaitan dengan tingginya populasi jiwa di kota Palembang, menyebabkan terjadinya kelonjakan terhadap jumlah penggun... |
Analisis Penerapan Standar Pelayanan Minimum dan Tingkat Kepuasan Pengguna Stasiun Kereta Api Commuter Line (Studi Kasus Stasiun Matraman Jakarta Timur)Nabil Juadi / Reza Asriandi Ekaputra, S.T., M.T. / Teknik Sipil, 2025Pada tahun 2022 Stasiun Matraman telah diresmikan sebagai stasiun alternatif bagi penumpang untuk mengurangi kepadatan pada Stasiun Manggarai dan diketahui pada bulan Mei 2024 Stasiun Matraman memiliki rata rata 4.601 pengguna dalam sehari dengan total pengguna selama sebulan 142.644 pengguna hal in... |
Analisis Pengaruh Tuntutan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Surveyor IndonesiaNovita Rahmadhania Anandkara / Rizqi Wahyudi, S.TP., M.Sc. / Teknik Industri, 2024Penelitian ini menganalisis terkait bagaimana tuntutan kerja dapat mempengaruhi tingkat keterlibatan karyawan, ketidakamanan bekerja, kepuasan kerja, konflik kehidupan kerja dan komitmen ditempat kerja. Selain itu, penelitian ini juga menelaah terkait keterlibatan karyawan yang menjadi salah satu is... |
ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP KUALITAS PRODUK ES KOPI SUSU DAJA DAN PELAYANAN DI KAFE DAJA HOUSEFADHILAH AUDINA / Noveliska Br Sembiring, S.TP., M.Sc. / Teknologi Industri Pertanian , 2025Daja House adalah salah satu kafe yang menawarkan es kopi susu daja sebagai produk unggulannya. Bulan Januari hingga September 2023, penjualan es kopi susu daja cenderung berfluktuasi. Akan tetapi, sejak bulan Oktober 2023 hingga Juni 2024 mengalami penurunan penjualan. Penurunan angka penjualan ... |
Evaluasi Tingkat Kepuasan Pengguna LRT (Light Rail Transit) Jakarta Sesuai Standar Pelayanan Minimum Dengan Pendekatan StatistikSatria Agung Permana / Hermon Frederik Tambunan, S.T., M.T. / Teknik Sipil, 2025Jakarta sebagai kota metropolitan dengan pertumbuhan penduduk yang pesat menghadapi tantangan dalam menyediakan sistem transportasi yang efisien dan berkelanjutan. Salah satu moda transportasi yang dikembangkan adalah Light Rail Transit (LRT), yang bertujuan mengurangi kemacetan serta meningkatkan k... |
Perbandingan Algoritma C4.5 Dan Id3 Untuk Klasifikasi Kepuasan Affiliator Terhadap TikTok ShopCHATERINE SIDABUTAR / Meida Cahyo Untoro, S.Kom., M.Kom / Teknik Informatika, 2025TikTok Shop merupakan platform e-commerce berbasis media sosial yang mengalami perkembangan signifikan dan dimanfaatkan secara luas oleh affiliator dalam mempromosikan produk. Namun, belum banyak penelitian yang memanfaatkan algoritma klasifikasi untuk mengukur tingkat kepuasan affiliator terhadap p... |
EVALUASI KINERJA PELAYANAN JALAN TOL DITINJAU DARI STANDAR PEMERINTAH DAN PERSEPSI PENGGUNAMUHAMMAD FAUZAN / Dr. Rajiman, M.M., M.T. / Teknik Sipil, 2025Rest area merupakan fasilitas penting dalam mendukung keselamatan dan kenyamanan pengguna jalan tol. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi aspek kelayakan dan pelayanan serta menganalisis tingkat kepuasan pengguna di rest area KM 116A pada ruas Jalan Tol Bakauheni – Terbanggi Besar. Eval... |
Studi Kelayakan Objek Wisata di Pantai Grand Elty Kalianda, Lampung SelatanNOPITA NURUL LUNA / Ayu Libiaty Ahmad, S.Kel., M.T. / Teknik Kelautan, 2025Pantai Grand Elty Kalianda, Lampung Selatan memiliki potensi yang cukup besar untuk dikembangkan sebagai destinasi wisata bahari karena lokasi pantai nya yang cukup stategis dan luas. Namun pengembangan tersebut harus mempertimbangkan beberapa aspek yaitu kesesuaian wisata dan daya dukung kawasan ag... |
Analisis Pengaruh Kualitas Dan Kontinuitas Aliran Air Terhadap Kepuasan Pelanggan Pamsimas Di Desa BanyumasHani Widiastuti Istanto / Sillak Hasiany, S.Si., M.Si / Teknik Lingkungan, 2025Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 menetapkan bahwa masyarakat Indonesia 100... |