(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

ANALISIS ATRIBUT KEMASAN KERIPIK PISANG BERDASARKAN PREFERENSI KONSUMEN MENGGUNAKAN METODE KANO DAN SEM-PLS (STUDI KASUS UMKM KERIPIK PISANG TUNAS)


Pelaku UMKM mayoritas merupakan masyarakat yang berusia diatas 30 tahun hingga lanjut usia, sehingga sehingga hanya berfokus pada produksi produk. Kurangnya pengetahuan pelaku UMKM terhadap atribut kemasan yang dapat membantu meningkatkan pemasaran produk. Penelitian kualitatif ini menggunakan metode Structural Equation Modeling Partial Least Square (SEM-PLS) dengan software Smart-PLS, metode Kano, dan Kuesioner G-Form sebagai instrumen penelitian. Responden penelitian ini merupakan masyarakat yang pernah mengonsumsi Keripik Pisang Khas Lampung khususnya produk Keripik Tunas. Jumlah sampel 100 responden dengan uji validitas, reliabilitas, R-square dan t-Statistik. Menunjukkan bahwa atribut kemasan mempengaruhi minat beli, kepuasan pelanggan, perilaku konsumen yang mempengaruhi preferensi konsumen. Analisis Kano menunjukkan bahwa terdapat empat atribut yang mempengaruhi penurunan kepuasan pelanggan secara signifikan, dan empat atribut yang mempengaruhi kenaikan kepuasan pelanggan secara siginifikan.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2403180006

Keyword
UMKM Minat Beli Kepuasan Pelanggan Perilaku Konsumen Atribut Kemasan Preferensi Konsumen