(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

Analisis Kualitas Layanan Rumah Sakit Terhadap Kepuasan Pasien: Studi Kasus Rumah Sakit Umum Daerah Bandar Lampung


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan rumah sakit dengan merepresentasikan dari skala HospitalQual terhadap kepuasan pasien dengan memberikan usulan perbaikan kepada Rumah Saki Dr. H. Abdul Moeloek Bandar Lampung. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada hubungan pengaruh positif skala HospitalQual terhadap kepuasan pasien terjadi pada variabel layanan medis, layanan keperawatan, keselamatan pasien, komunikasi pasien dan infrastruktur rumah sakit. Sementara variabel layanan administrasi signifikan berpengaruh negatif dan layanan pendukung menunjukan tidak signifikan terhadap kepuasan pasien. Rekomendasi perbaikan yang dapat dilakukan yaitu evaluasi secara berkala untuk mengidentifikasi kelemahan dan area perbaikan dalam layanan medis, pelatihan pengembangan staf untuk memastikan pemahaman secara menyeluruh bagi setiap staf, menyediakan kultur keselamatan pasien dan perbaikan infrastruktur mencakup pembaruan dan pengadaan peralatan medis yang mutakhir dan memadai. Kata kunci: HospitalQual, Kepuasan pasien, Kualitas Layanan

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2401180052

Keyword
HospitalQual, Kepuasan pasien, Kualitas Layanan