(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

Kualitas dan Kinerja Perpustakaan Institut Teknologi Sumatera dan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Mahasiswa


Perpustakaan Institut Teknologi Sumatera (ITERA) adalah salah satu layanan yang disediakan untuk mempermudah civitas ITERA memperoleh informasi. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh dari kualitas dan kinerja perpustakaan ITERA terhadap kepuasan mahasiswa berdasarkan penerapan Standar Nasional Perpustakaan Perguruan Tinggi Nomor 13 Tahun 2017. Variabel penelitian yang digunakan yaitu sarana dan prasarana, kondisi ruangan, koleksi perpustakaan, sumber daya manusia, dan layanan perpustakaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan Mixed Method Research (MMR) dengan populasi penelitian mahasiswa aktif yang terdaftar sebagai anggota perpustakaan ITERA. Sampel penelitian sebanyak 218 orang dengan kriteria kunjungan perpustakaan minimal dua kali dalam satu bulan. Data penelitian dikumpulkan dengan penyebaran kuesioner secara online menggunakan google form. Pengolahan data menggunakan metode Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) yang terdiri dari model pengukuran dan model struktural. Model pengukuran yaitu pengujian data berupa uji validitas dan uji reliabilitas. Lalu, model struktural yaitu pengujian hipotesis berupa collinearity statistics, R-square, dan koefisien jalur langsung atau uji t-statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa empat variabel yaitu kondisi ruangan, koleksi perpustakaan, sumber daya manusia, dan layanan perpustakaan dapat memengaruhi kepuasan mahasiswa. Sedangkan, variabel sarana dan prasarana tidak dapat memengaruhi kepuasan mahasiswa. Rekomendasi perbaikan yang dapat diberikan yaitu pengembangan dan penyiangan koleksi perpustakaan, penambahan jam operasional, serta pelatihan peningkatan kualitas pelayanan perpustakaan.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2405310083

Keyword
perpustakaan perguruan tinggi kepuasan mahasiswa standar nasional perpustakaan