ANALISIS BAURAN PEMASARAN 5P TERHADAP
KEPERCAYAAN, KEPUASAN DAN KESETIAAN
KONSUMEN PADA SENTRA OLEH-OLEH KERIPIK PISANG
DI BANDARLAMPUNG
Penjulan produk serupa di Sentra oleh-oleh keripik pisang Bandarlampung
menimbulkan kebingungan bagi konsumen untuk memilih produk yang sesuai
harapan. Ada banyak cara yang bisa dilakukan dengan strategi pemasaran.
Penerapan bauran pemasaran (MM) adalah salah satunya. Penelitian ini bertujuan
untuk menganalisis pengaruh MM terhadap kepuasan, kepercayaan dan loyalitas
konsumen. Objek kajiannya adalah konsumen yang pernah membeli atau mencoba
Sentra oleh-oleh keripik pisang di Bandarlampung. Sampel dalam penelitian ini
berjumlah 171 konsumen yang telah membeli atau mencoba keripik pisang.
Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner melalui google forms.
Pengujian data dilakukan dengan menggunakan alat SmartPLS versi 3. Pengolahan
data menggunakan metode PLS-SEM dengan alat SmartPLS versi 3. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa data yang digunakan valid dan dapat diandalkan
untuk digunakan. Dilanjutkan dengan pengujian hipotesis di mana ditemukan
bahwa MM memiliki dampak yang baik terhadap kepercayaan, kepuasan dan
loyalitas konsumen. Selain itu, penelitian ini menemukan bahwa kepuasan
konsumen dapat memediasi hubungan antara MM dengan kepercayaan dan
loyalitas konsumen.
URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2501220024
Keyword
Bauran Pemasaran Kepuasan Konsumen Kepercayaan Konsumen Kesetiaan Konsumen