(0721) 8030188    [email protected]   

ANALISIS BAURAN PEMASARAN 5P TERHADAP KEPERCAYAAN, KEPUASAN DAN KESETIAAN KONSUMEN PADA SENTRA OLEH-OLEH KERIPIK PISANG DI BANDARLAMPUNG


Penjulan produk serupa di Sentra oleh-oleh keripik pisang Bandarlampung menimbulkan kebingungan bagi konsumen untuk memilih produk yang sesuai harapan. Ada banyak cara yang bisa dilakukan dengan strategi pemasaran. Penerapan bauran pemasaran (MM) adalah salah satunya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh MM terhadap kepuasan, kepercayaan dan loyalitas konsumen. Objek kajiannya adalah konsumen yang pernah membeli atau mencoba Sentra oleh-oleh keripik pisang di Bandarlampung. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 171 konsumen yang telah membeli atau mencoba keripik pisang. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner melalui google forms. Pengujian data dilakukan dengan menggunakan alat SmartPLS versi 3. Pengolahan data menggunakan metode PLS-SEM dengan alat SmartPLS versi 3. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa data yang digunakan valid dan dapat diandalkan untuk digunakan. Dilanjutkan dengan pengujian hipotesis di mana ditemukan bahwa MM memiliki dampak yang baik terhadap kepercayaan, kepuasan dan loyalitas konsumen. Selain itu, penelitian ini menemukan bahwa kepuasan konsumen dapat memediasi hubungan antara MM dengan kepercayaan dan loyalitas konsumen.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2501220024

Keyword
Bauran Pemasaran Kepuasan Konsumen Kepercayaan Konsumen Kesetiaan Konsumen