PERANCANGAN BOARD GAME “SPICES OF SUMATRA:THE SPICES QUEST” SEBAGAI UPAYA MENGENALKAN KEKAYAAN REMPAH-REMPAH SUMATERA UNTUK USIA 10-15 TAHUNADELA CLEARESTA ALDANITA / Putri Kholida, S.Ds., M.Ds. / Undergraduate Thesis, 2024Perancangan Board Game “Spices of Sumatra:The Spices Quest” Sebagai Upaya Mengenalkan Kekayaan Rempah-rempah Sumatera Untuk Usia 10-15 Tahun ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada generasi muda, khususnya anak-anak usia 10-15 tahun dalam mengenalkan kekayaan rempah-rempah Sumatera. Metode... |
PERANCANGAN BOARD GAME SEBAGAI MEDIA INTERAKTIF PENGENALAN KAIN PANDAI SIKEK MINANGKABAU UNTUK ANAK SEKOLAH DASARNIKOLAS PUTRA UTAMA / Muhammad Hajid An Nur, S.Ds., M.Ds. Dr. Sunarsih, S.S., M.A. / Undergraduate Thesis, 2024Tujuan perancangan ini adalah untuk mengetahui cara membuat board game yang dapat mengenalkan kain pandai sikek kepada anak sekolah dasar. Kain pandai sikek merupakan salah satu warisan budaya yang mahal dan terkenal di Indonesia khususnya di Sumatera Barat. Namun hal tersebut belum dapat membuat an... |
Perancangan Board Game Sebagai Media Edukasi Mengenai Jejak Masuknya Islam di Lampung dari 3 Arah Pintu Masuk untuk Usia 10-15 TahunDiva Azizah Shaumi / Muhammad Hajid An Nur, S.Ds., M.Ds. / Undergraduate Thesis, 2024Sejarah masuknya Islam ke Nusantara khususnya di wilayah Lampung pada abad ke-15 terjadi melalui tiga jalur utama yaitu jalur barat, utara, dan selatan. Kehadiran Islam memengaruhi budaya dan tradisi masyarakat Lampung, membuatnya menjadi agama mayoritas di wilayah tersebut. Meskipun penting, minat ... |
Perancangan Board Game Sebagai Media Edukasi Ragam Penyajian Teh Khas SumateraIntan Nayilla Fatihah / Refita Ika, S.Ds., M.Ds. / Undergraduate Thesis, 2024Perancangan Board Game sebagai Media Edukasi mengenai Ragam Penyajian Teh Khas Sumatera bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam mengenai ragam sajian teh khas Sumatera sebagai salah satu budaya yang harus terus dilestarikan. Metode yang digunakan pada perancangan ini adalah metode penelitian k... |
Perancangan Board Game Sebagai Media Edukasi Ragam Penyajian Teh Khas SumateraIntan Nayilla Fatihah / Refita Ika, S.Ds., M.Ds. / Undergraduate Thesis, 2024Perancangan Board Game sebagai Media Edukasi mengenai Ragam Penyajian Teh Khas Sumatera bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam mengenai ragam sajian teh khas Sumatera sebagai salah satu budaya yang harus terus dilestarikan. Metode yang digunakan pada perancangan ini adalah metode penelitian k... |
Perancangan Edukasi Literasi Anak Usia 6-14 Tahun Terkait Bahaya Game Online di TPA BakungMichelle Angeline / Maria Veronika Br Halawa, S.Pd., M.Sn. / Undergraduate Thesis, 2024Kecanduan game online cukup berbahaya, untuk mengurangi kecanduan ini, diperlukan kegiatan bermanfaat seperti berolahraga, belajar, menggambar, atau membaca buku. Salah satu kegiatan yang dapat meningkatkan fungsi sosial dan pola pikir anak adalah literasi. Melakukan edukasi merupakan cara untuk men... |
Perancangan Aplikasi untuk Mengurangi Dampak Kecanduan Top Up Game Online di Kalangan MahasiswaELING SAMPURNA / Refita Ika Indrayati, M.Ds. / Undergraduate Thesis, 2024Perancangan Aplikasi untuk Mengurangi Dampak Kecanduan Top Up Game Online di Kalangan Mahasiswa ini bertujuan untuk mengurangi dampak yang dihasilkan dari kecanduan top up, khususnya mahasiswa dari usia 18-21 tahun. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode dengan pendekatan kualitatif... |
Perancangan Board Game Simulasi Investasi Dasar bagi Generasi Z di Kota Bandar LampungFara Fatimatus Zahro / Muhammad Hajid An Nur S.Ds., M.Ds. / Undergraduate Thesis, 2024Perancangan ini bertujuan untuk memberikan simulasi terkait aktivitas, pengetahuan, dan resiko mengenai investasi dasar dengan board game untuk Generasi Z. Perancangan ini didasari dari fenomena seputar investasi, seperti melonjaknya angka investor Generasi Z, maraknya informasi terkait investasi, d... |
Perancangan Video Game Sebagai Media untuk Meningkatkan Daya Tarik dan Kesadaran Masyarakat akan Budaya Hombo Batu di IndonesiaMOHAMMAD DIMAS ARYADANU / Susi Susyanti, S.Ds., M.Ds., / Undergraduate Thesis, 2024Perancangan Video Game sebagai Media untuk Meningkatkan Daya Tarik dan Kesadaran Masyarakat akan Budaya Hombo Batu di Indonesia ini bertujuan untuk mengangkat budaya Hombo Batu yang berasal dari Nias, Sumatera Utara untuk ditunjukkan kepada masyarakat luas dengan menggunakan sebuah media Video game.... |
Perancangan Video Game Sebagai Media untuk Meningkatkan Daya Tarik dan Kesadaran Masyarakat akan Budaya Hombo Batu di IndonesiaMOHAMMAD DIMAS ARYADANU / Susi Susyanti, S.Ds., M.Ds., / Undergraduate Thesis, 2024Perancangan Video Game sebagai Media untuk Meningkatkan Daya Tarik dan Kesadaran Masyarakat akan Budaya Hombo Batu di Indonesia ini bertujuan untuk mengangkat budaya Hombo Batu yang berasal dari Nias, Sumatera Utara untuk ditunjukkan kepada masyarakat luas dengan menggunakan sebuah media Video game.... |