Perancangan Board Game Mitos Naga Mas Sebagai Media Edukasi Pelestarian Lingkungan Danau Ranau
Masalah pencemaran lingkungan akibat sampah plastik di kawasan wisata Danau Ranau menimbulkan ancaman terhadap kelestarian ekosistem dan daya tarik wisata alam. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah board game sebagai media edukatif yang mengajarkan nilai-nilai pelestarian lingkungan, seperti membuang sampah pada tempatnya dan menjaga kebersihan danau melalui pendekatan budaya lokal berdasarkan mitos Naga Mas Danau Ranau. Media ini ditujukan untuk wisatawan keluarga, dengan usia pemain minimal 9 tahun agar anak-anak dapat memahami isi permainan dan orang tua turut terlibat dalam proses pembelajaran. Board game dikembangkan dengan gaya ilustrasi fantasi semi kartun, dilengkapi elemen cerita lokal, visual yang relevan dengan lingkungan Danau Ranau, dan mekanisme permainan sederhana namun edukatif. Perancangan dilakukan menggunakan metode campuran yang menggabungkan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan studi literatur untuk memahami konteks budaya dan kondisi lingkungan, serta divalidasi menggunakan pre-test dan post-test pada enam responden dan kuesioner System Usability Scale (SUS) untuk mengukur kelayakan media. Hasil uji pre-test dan post-test menunjukkan adanya rata-rata peningkatan nilai 1,5 poin, dengan peningkatan tertinggi sebesar 4 poin. Sedangkan hasil kuesioner SUS memperoleh skor sebesar 75.00, yang termasuk kategori "Good" dan menunjukkan media layak digunakan. Temuan tersebut membuktikan bahwa board game ini tidak hanya efektif dalam meningkatkan pemahaman pemain terhadap pesan pelestarian lingkungan, tetapi juga mampu membangun keterlibatan antar anggota keluarga melalui aktivitas edukatif yang menyenangkan.
URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2507050018
Keyword
Mitos Naga Mas Danau Ranau Board Game Pelestarian Lingkungan