(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

PERANCANGAN BOARD GAME SEBAGAI MEDIA INTERAKTIF PENGENALAN KAIN PANDAI SIKEK MINANGKABAU UNTUK ANAK SEKOLAH DASAR


Tujuan perancangan ini adalah untuk mengetahui cara membuat board game yang dapat mengenalkan kain pandai sikek kepada anak sekolah dasar. Kain pandai sikek merupakan salah satu warisan budaya yang mahal dan terkenal di Indonesia khususnya di Sumatera Barat. Namun hal tersebut belum dapat membuat anak sekolah dasar di Sumatera Barat mengetahui budaya kain pandai sikek, salah satu faktor penyebabnya adalah karena kurangnya media pembelajaran serta materi pengenalan kain pandai sikek tidak masuk kedalam kurikulum belajar anak sekolah dasar di Sumatera Barat. Saat ini banyak sekali upaya untuk menciptakan media belajar untuk anak sekolah dasar, salah satunya board game. Board game dipilih karena anak sekolah dasar khususnya usia 10-13 tahun sudah memasuki tahap formal operational yang dimana mereka sudah dapat berpikir dengan logis, selain itu media game sendiri menarik bagi anak sekolah dasar karena proses bermain yang menyenangkan tanpa adanya paksaan untuk memahami sesuatu secara kompleks. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif, yang proses pengambilan data melalui kuesioner dan wawancara, lalu data dianalisis dengan metode 5w+1h. Perancangan board game ini dirancang dengan metode pedagogy yang memuat unsur mekanisme, cerita, estetika, juga teknologi. Metode perancangan permainan ini juga menekankan aspek edukasi selain keseruan dan estetika dalam permainan. Hasil media utama perancangan ini berbentuk kartu motif dan board motif yang akan dimainkan dan disusun oleh anak sebagai pemain, media pendukung juga disesuaikan dengan target audiens berupa puzzle, paperdoll, keychain, tempat pensil, dan buku mewarnai. Media utama perancangan telah dilakukan uji coba, dan perancangan board game dengan judul “Kain untuk Amak” dapat dijadikan media untuk mengenal motif-motif kain pandai sikek untuk anak sekolah dasar usia 10-13 tahun.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2405300059

Keyword
Board game, interaktif, kain pandai sikek