(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

Perancangan Video Game Sebagai Media untuk Meningkatkan Daya Tarik dan Kesadaran Masyarakat akan Budaya Hombo Batu di Indonesia


Perancangan Video Game sebagai Media untuk Meningkatkan Daya Tarik dan Kesadaran Masyarakat akan Budaya Hombo Batu di Indonesia ini bertujuan untuk mengangkat budaya Hombo Batu yang berasal dari Nias, Sumatera Utara untuk ditunjukkan kepada masyarakat luas dengan menggunakan sebuah media Video game. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Metode perancangan yang digunakan adalah metode GDLC (Game Development Life Cycle) yang memiliki beberapa tahapan dalam pembuatan video game meliputi inisiasi, pra produksi, produksi, pengujian, dan rilis yang dapat membantu pembuatan video game agar dapat memiliki fokus akan budaya yang akan dirancang. Media utama perancangan ini adalah video game edukatif yang memperkenalkan budaya tradisional. Media pendukung penelitian ini terdiri dari poster, pins, pogs, stiker, dan acrylic stand. Melalui user testing masyarakat menganggap bahwa Video game Hombo Batu adalah sebuah media yang bagus untuk menunjukan budaya asal Nias ini dan dapat meningkatkan ketertarikan masyarakat terhadap budaya Hombo Batu ini.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2406090035

Keyword
game Video game Budaya Hombo Batu Lompat Batu Tradisional