(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

Perancangan Board Game Sebagai Media Edukasi Mengenai Jejak Masuknya Islam di Lampung dari 3 Arah Pintu Masuk untuk Usia 10-15 Tahun


Sejarah masuknya Islam ke Nusantara khususnya di wilayah Lampung pada abad ke-15 terjadi melalui tiga jalur utama yaitu jalur barat, utara, dan selatan. Kehadiran Islam memengaruhi budaya dan tradisi masyarakat Lampung, membuatnya menjadi agama mayoritas di wilayah tersebut. Meskipun penting, minat anak-anak dalam mempelajari sejarah cenderung rendah. Oleh karena itu, dibutuhkan perancangan media yang edukatif dan juga interaktif untuk meningkatkan minat belajar anak-anak tentang sejarah masuknya Islam di Lampung, sekaligus mengajak mereka untuk mengenal dan mengapresiasi peristiwa sejarah dan peninggalan adat budaya daerah mereka dengan cara yang menyenangkan. Penulisan perancangan ini menggunakan metode kualitatif dengan metode 5W+1H dengan mengumpulkan data melalui wawancara, studi literatur dan survei kuesioner. Kemudian Metode Perancangan yang digunakan yaitu metode perancangan permainan pedagogie untuk mengembangkan minat anak-anak dalam berbagai potensi yang dimilikinya. Hasil akhir dari perancangan ini berupa media board game edukasi dengan latar belakang cerita permainan menggunakan karakter ilustrasi yang menarik. Konsep board game menggunakan mekanisme permainan kuis.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2405300089

Keyword
Sejarah Islam Lampung Board Game Edukasi