(0721) 8030188    [email protected]   

All of ITERA Repository
Titles

STRATEGI VISUAL BRANDING UPACARA HORJA SEBAGAI MEDIA EDUKASI BUDAYA UNTUK MEMPERKUAT IDENTITAS KOMUNITAS BATAK TOBA MELALUI BOARD GAME


View/Open

Author

Date Published
26 Nov 2025

Advisor
Reza Pustika, M.Pd.,
Maria Veronika BR Halawa, S.Pd., M.Sn.,

Subject
Desain Komunikasi Visual

Publisher


Upacara Horja merupakan tradisi penting dalam kebudayaan batak toba yang memiliki peran dari budaya batak toba dalam melestarikan kearifan lokal. Namun seiring perkembangan zaman, pemahaman generasi muda terhadap tradisi ini mulai menurun terutama dikalangan generasi muda batak toba yang menetap di wilayah perkotaan. Perancangan board game sebagai media edukasi bertujuan untuk memperkenalkan tradisi upacara Horja dari suku batak toba kepada generasi muda pada rentang usia 15-25 tahun di Badar Lampung serta merancang media yang edukatif guna memperkenalkan tradisi upacara Horja suku batak toba bagi generasi muda dengan cara yang mudah dipahami serta menyenangkan. Metode analisis yang digunakan adalah metode kualitatif dengan studi literatur,observasi, kuisioner, dan analisis elemen visual budaya batak toba serta menggunakan metode perancangan design thinking dalam merancang sebuah board game berjudul ”Laho tu Horja”. Board game sebagai media visual branding menjadi media yang dipilih untuk menarik minat generasi muda dengan memperkenalkan identitas budaya batak toba di era modern. Hasil perancangan ini adalah board game yang menjadi media edukatif untuk memperkuat identitas komunitas batak toba khususnya generasi muda batak toba yang ada di Bandar Lampung.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2512080024

Keyword
upacara horja visual branding batak toba board game generasi muda