Penyusunan dan Pemilihan Strategi Pemasaran Keripik Kulit Ikan Patin di UMKM Gatiga SnackEka Novriyanti / / Teknologi Industri Pertanian , 2024UMKM Gatiga Snack merupakan usaha yang memproduksi keripik di Lampung Selatan. Salah satu tantangan UMKM Gatiga Snack dalam berwirausaha adalah bersaing dengan kompetitor sehingga UMKM perlu untuk menyusun dan memilih strategi pemasaran yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun dan memilih... |
ANALISIS EFISIENSI PEMASARAN DAN NILAI TAMBAH KAKAO DI KECAMATAN GEDONG TATAAN KABUPATEN PESAWARAN, LAMPUNGRizky Febrianto / Eka Nurāazmi Yunira S.TP., M.Si. / Teknologi Industri Pertanian , 2024Penghasil kakao terbesar di Indonesia salah satunya yaitu provinsi Lampung dengan total produksi tahun 2021 sebesar 56.600 ton/tahun. Sentra produksi kakao di Provinsi Lampung berada di Kabupaten Pesawaran dengan jumlah mencapai 28.467 ton/tahun. Petani kakao masih menghadapi permasalahan seperti al... |
Perancangan Cross-selling dan Promosi Produk Berbasis Data Mining dengan Association Rules Pada Fatness Burger Cafe and RestoBagus Irfansyah / M Zaky Hadi, S.T.P., M.Si. / Teknik Industri, 2024Perancangan strategi pemasaran yang tepat akan berdampak pada peningkatan penjualan suatu usaha salah satunya yang bergerak dalam bidang food and beverage. Strategi pemasaran yang efektif diterapkan dalam usaha dibidang food and beverage adalah cross-selling dan promosi produk. Cross-selling dan pro... |
Analisis Pemasaran Karet di Kecamatan Gedong Tataan Kabupaten PesawaranDaffa Liu / Noveliska Br Sembiring, S.TP., M.Sc. / Student Dissertations and Theses, 2024Karet merupakan komoditas penting bagi perekonomian petani di Kecamatan Gedong Tataan. Akan tetapi, kendala dalam saluran pemasaran sering kali menghambat penentuan harga yang menguntungkan bagi petani. Kondisi di lapangan menunjukkan bahwa petani karet di Kecamatan Gedong Tataan masih menghadapi ba... |
ANALISIS BAURAN PEMASARAN 5P TERHADAP KEPERCAYAAN, KEPUASAN DAN KESETIAAN KONSUMEN PADA SENTRA OLEH-OLEH KERIPIK PISANG DI BANDARLAMPUNGKRISNINA YUSLILIA SARAGIH / Andhyka Tyaz Nugraha, S.P., M.Si., Ph.D. / Teknik Industri, 2025Penjulan produk serupa di Sentra oleh-oleh keripik pisang Bandarlampung menimbulkan kebingungan bagi konsumen untuk memilih produk yang sesuai harapan. Ada banyak cara yang bisa dilakukan dengan strategi pemasaran. Penerapan bauran pemasaran (MM) adalah salah satunya. Penelitian ini bertujuan ... |
Penerapan Metode Clustering Dalam Segmentasi Pelanggan Menggunakan Analisis Recency, Frequency, Monetary Pada Industri UMKM Provinsi Lampung (Studi Kasus: Toko Kucay Indonesia)ADELIA MUTIARA ZULNA / Tirta Setiawan, S.Pd., M.Si. / Sains Data, 2025Pelanggan memiliki peran penting bagi semua industri perekonomian di Indonesia termasuk UMKM yang terdapat di provinsi Lampung khususnya toko Kucay Indonesia, Memahami karakteristik pelanggan dapat menjadi solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut, sehingga dapat dimanfaatkan sebagai suatu strate... |
IDENTIFIKASI BAURAN PEMASARAN DAN WORD OF MOUTH SEBAGAI MEDIASI PENENTU MINAT BELI MAHASISWA TERHADAP PRODUK LAPTOP (STUDI KASUS: INSTITUT TEKNOLOGI SUMATERA)ANNISA PUTRI / Andhyka Tyaz Nugraha, S.P., M.Si., Ph.D. / Teknik Industri, 2025Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Bauran Pemasaran (BP), yaitu produk, harga, promosi, lokasi, dan orang terhadap minat beli mahasiswa dengan word of mouth sebagai mediasi. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa Institut Teknologi Sumatera (Itera) yang menjadi target pasar ... |
RANCANGAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN STRATEGI PEMASARAN PUPUK NON SUBSIDI DI PUPUK INDONESIA HOLDING COMPANY (PIHC) DAERAH LAMPUNG MENGUNAKAN METODE TOPSISANISYAH S / Hersa Dwi Yanuarso, S.T., M.T. / Teknik Industri, 2025Pupuk Indonesia Holding Company (PIHC) daerah Lampung menghadapi tantangan signifikan dalam pemasaran pupuk non-subsidi, terutama terkait fluktuasi penjualan dan ketidakstabilan permintaan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang strategi pengambilan keputusan pemasaran yang tepat menggunakan metod... |
RANCANGAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN STRATEGI PEMASARAN PUPUK NON SUBSIDI DI PUPUK INDONESIA HOLDING COMPANY (PIHC) DAERAH LAMPUNG MENGUNAKAN METODE TOPSISANISYAH S / Hersa Dwi Yanuarso, S.T., M.T. / Teknik Industri, 2025Pupuk Indonesia Holding Company (PIHC) daerah Lampung menghadapi tantangan signifikan dalam pemasaran pupuk non-subsidi, terutama terkait fluktuasi penjualan dan ketidakstabilan permintaan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang strategi pengambilan keputusan pemasaran yang tepat menggunakan metod... |
Strategi Pengembangan Ekonomi Lokal Produk Olahan Ikan Berbasis Analisis Rantai Nilai Di Kecamatan Bumi WarasFADHILA ARIFA / M. Bobby Rahman, S.T., M.Si.(Han)., Ph.D. / Perencanaan Wilayah dan Kota, 2025Pengembangan ekonomi lokal menjadi pendekatan penting dalam mendorong kemandirian wilayah melalui pemanfaatan potensi sumber daya yang dimiliki secara partisipatif dan berkelanjutan. Dalam konteks ini, sektor perikanan dan produk olahannya memiliki peluang besar untuk mendukung pertumbuhan ekonomi, ... |