Penerapan Metode Clustering Dalam Segmentasi Pelanggan Menggunakan Analisis Recency, Frequency, Monetary Pada Industri UMKM Provinsi Lampung (Studi Kasus: Toko Kucay Indonesia)
Pelanggan memiliki peran penting bagi semua industri perekonomian di Indonesia termasuk UMKM yang terdapat di provinsi Lampung khususnya toko Kucay Indonesia, Memahami karakteristik pelanggan dapat menjadi solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut, sehingga dapat dimanfaatkan sebagai suatu strategi pemasaran. Sebuah pendekatan yang dapat digunakan yaitu melalui segmentasi pelanggan. Segmentasi pelanggan dapat dilakukan dengan menerapkan teknik clustering, seperti k-means clustering. Algoritma k-means diterapkan untuk membentuk cluster berdasarkan analisis RFM (Recency, Frequency, Monetary). Metode Elbow dan Davies Bouldin Index (DBI) digunakan untuk menentukan jumlah cluster yang optimal (k), sementara silhouette berfungsi untuk menguji kualitas cluster tersebut. Strategi pemasaran yang dilakukan berdasarkan analisis RFM mampu menetapkan tujuh segmen pelanggan Kucay Indonesia menjadi About to sleep, Hibernating, Promising, Need attention, At Risk, New customer dan Can’t lose them sesuai dengan karakteristik pelanggan dengan nilai evaluasi silhouette sebesar 0,4317.
URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2503050010
Keyword
Segmentasi pelanggan K-means RFM Strategi pemasaran