IDENTIFIKASI BAURAN PEMASARAN DAN WORD OF
MOUTH SEBAGAI MEDIASI PENENTU MINAT BELI
MAHASISWA TERHADAP PRODUK LAPTOP
(STUDI KASUS: INSTITUT TEKNOLOGI SUMATERA)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Bauran Pemasaran
(BP), yaitu produk, harga, promosi, lokasi, dan orang terhadap minat
beli mahasiswa dengan word of mouth sebagai mediasi. Penelitian ini
dilakukan pada mahasiswa Institut Teknologi Sumatera (Itera) yang
menjadi target pasar dalam penggunaan laptop untuk kegiatan
perkuliahan. Data primer dikumpulkan dari 183 responden mahasiswa
Itera menggunakan instrumen kuesioner online yang dibagikan dengan
bantuan Google Form. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini
adalah mix methods research. Metode yang digunakan adalah SEM
PLS yang diolah menggunakan aplikasi SmartPLS 3. Hasil penelitian
menunjukan bahwa Bauran Pemasaran (BP) berpengaruh secara
langsung terhadap minat beli dan juga berpengaruh secara tidak
langsung melalui WOM sebagai variabel yang memediasi. Temuan ini
menunjukan pentingnya strategi pemasaran yang tidak hanya fokus
pada aspek produk, harga, tempat, lokasi, dan orang, tetapi juga pada
bagaimana menciptakan pengalaman positif yang dapat mendorong
mahasiswa untuk merekomendasikan produk kepada orang lain.
Berdasarkan hasil ini, maka direkomendasikan agar produsen laptop
dan pihak tertentu dapat memperbaiki dan meningkatkan kualitas
bauran pemasaran dan memperkuat strategi komunikasi agar dapat
memperluas pengaruh word of mouth secara positif.
URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2505260061
Keyword
bauran pemasaran word of mouth minat beli mahasiswa laptop