(0721) 8030188    [email protected]   

IDENTIFIKASI BAURAN PEMASARAN DAN WORD OF MOUTH SEBAGAI MEDIASI PENENTU MINAT BELI MAHASISWA TERHADAP PRODUK LAPTOP (STUDI KASUS: INSTITUT TEKNOLOGI SUMATERA)


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Bauran Pemasaran (BP), yaitu produk, harga, promosi, lokasi, dan orang terhadap minat beli mahasiswa dengan word of mouth sebagai mediasi. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa Institut Teknologi Sumatera (Itera) yang menjadi target pasar dalam penggunaan laptop untuk kegiatan perkuliahan. Data primer dikumpulkan dari 183 responden mahasiswa Itera menggunakan instrumen kuesioner online yang dibagikan dengan bantuan Google Form. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah mix methods research. Metode yang digunakan adalah SEM PLS yang diolah menggunakan aplikasi SmartPLS 3. Hasil penelitian menunjukan bahwa Bauran Pemasaran (BP) berpengaruh secara langsung terhadap minat beli dan juga berpengaruh secara tidak langsung melalui WOM sebagai variabel yang memediasi. Temuan ini menunjukan pentingnya strategi pemasaran yang tidak hanya fokus pada aspek produk, harga, tempat, lokasi, dan orang, tetapi juga pada bagaimana menciptakan pengalaman positif yang dapat mendorong mahasiswa untuk merekomendasikan produk kepada orang lain. Berdasarkan hasil ini, maka direkomendasikan agar produsen laptop dan pihak tertentu dapat memperbaiki dan meningkatkan kualitas bauran pemasaran dan memperkuat strategi komunikasi agar dapat memperluas pengaruh word of mouth secara positif.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2505260061

Keyword
bauran pemasaran word of mouth minat beli mahasiswa laptop