(0721) 8030188    [email protected]   

RANCANGAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN STRATEGI PEMASARAN PUPUK NON SUBSIDI DI PUPUK INDONESIA HOLDING COMPANY (PIHC) DAERAH LAMPUNG MENGUNAKAN METODE TOPSIS


Pupuk Indonesia Holding Company (PIHC) daerah Lampung menghadapi tantangan signifikan dalam pemasaran pupuk non-subsidi, terutama terkait fluktuasi penjualan dan ketidakstabilan permintaan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang strategi pengambilan keputusan pemasaran yang tepat menggunakan metode Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS). Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, penyebaran kuesioner, dan studi literatur kepada pihak internal (Departemen penjualan bagian Agro Solution). Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa strategi pemasaran dapat dioptimalkan dengan menilai berbagai alternatif berdasarkan lima kriteria utama. Alternatif strategi dianalisis pada dua saluran pemasaran, yaitu industri dan konsumen. Alternatif utama yang terpilih untuk saluran konsumen adalah meningkatkan branding dan promosi di pasar konsumen dan melakukan penyuluhan dan edukasi di daerah tertentu terkait manfaat pupuk non subsidi, sementara untuk saluran industri adalah menawarkan kontrak jangka panjang dengan harga kompetitif dan memperluas kemitraan dengan distributor. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam menyediakan kerangka kerja pengambilan keputusan yang sistematis untuk mendukung peningkatan penjualan pupuk non subsidi. Keunggulan metode TOPSIS terletak pada kemampuannya dalam menentukan strategi optimal berdasarkan kedekatan relatif dengan solusi ideal.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2506030147

Keyword
Pemasaran Pupuk Metode TOPSIS Strategi Pemasaran Pengambilan Keputusan Fluktuasi Penjualan Pupuk Non Subsidi Pupuk Indonesia Holding Company