(0721) 8030188    [email protected]   

Perancangan Cross-selling dan Promosi Produk Berbasis Data Mining dengan Association Rules Pada Fatness Burger Cafe and Resto


Perancangan strategi pemasaran yang tepat akan berdampak pada peningkatan penjualan suatu usaha salah satunya yang bergerak dalam bidang food and beverage. Strategi pemasaran yang efektif diterapkan dalam usaha dibidang food and beverage adalah cross-selling dan promosi produk. Cross-selling dan promosi produk merupakan strategi pemasaran yang dapat meningkatkan jumlah penjualan dan minat beli konsumen. Dasar perancangan cross-selling dan promosi produk adalah data historis transaksi yang diperoleh dari kasir untuk menggali informasi aturan asosiasi pola pembelian konsumen. Tujuan penelitian ini adalah membersihkan dan mempersiapkan data mentah yang diperoleh, menghasilkan aturan asosiasi dari dataset menggunakan data mining untuk merancang cross- selling dan promosi produk. Metode data mining yang digunakan adalah association rules dengan pendekatan algoritma apriori. Bahasa pemrograman yang digunakan dalam proses data mining adalah Python. Proses persiapan data menggunakan data cleaning untuk membersihkan data missing value dan data transformation untuk merubah struktur data. Hasil dari proses association rules menghasilkan 12 keterkaitan item produk yang memenuhi ukuran kinerja. Keterkaitan item produk yang memenuhi ukuran kinerja divisualisasikan ke dalam grafik jaringan. Grafik tersebut digunakan sebagai dasar penentuan cross-selling dengan melihat produk yang dihubungkan oleh garis. Perancangan promosi produk menghasilkan 4 rekomendasi paket bundling yang digunakan sebagai paket promosi produk. Hasil dari penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam merancang strategi pemasaran Fatness Burger Cafe and Resto.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2408120022

Keyword
Cross-Selling Aturan Asosiasi Data Mining Paket Promosi Strategi Pemasaran.