(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

Penyusunan dan Pemilihan Strategi Pemasaran Keripik Kulit Ikan Patin di UMKM Gatiga Snack


UMKM Gatiga Snack merupakan usaha yang memproduksi keripik di Lampung Selatan. Salah satu tantangan UMKM Gatiga Snack dalam berwirausaha adalah bersaing dengan kompetitor sehingga UMKM perlu untuk menyusun dan memilih strategi pemasaran yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun dan memilih strategi yang dapat diimplementasikan UMKM Gatiga Snack dengan menggunakan analisis SWOT dan QSPM. Berdasarkan hasil analisis SWOT didapatkan 18 strategi yang direkomendasikan. Strategi-strategi tersebut kemudian disusun prioritasnya dengan analisis QSPM. Terdapat tiga periode pelaksanaan strategi yang direkomendasikan. Pada periode pertama direkomendasikan enam strategi yang dapat diimplementasikan. Nilai TAS tertinggi diantara strategi di periode pertama adalah membentuk tim khusus pemasaran untuk pengelolaan bisnis UMKM Gatiga Snack (WO4) sebesar 7,296. Pada periode kedua juga direkomendasikan enam strategi yang dapat dilaksanakan. Strategi promosi yang gencar dengan cara membuat jadwal kegiatan promosi rutin baik secara online maupun offline (WO2) menjadi nilai TAS tertinggi 7,141 pada periode kedua. Strategi periode ketiga terdiri dari enam strategi dengan nilai TAS tertinggi 7,031 yaitu membangun brand image dengan membuat review atau testimoni terhadap kualitas Fish Skin Patin Gatiga Snack agar konsumen baru percaya dan tertarik untuk membeli (ST3).

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2401260096

Keyword
Keripik Kulit Ikan Patin, Pemasaran, QSPM, Strateg