Manajemen Lalu Lintas Pada Kawasan Lokal Mall Boemi Kedaton Bandar LampungHelenia / Ir. Titi Liliani Soedirdjo, M.Sc / Teknik Sipil, 2023Kota Bandar Lampung terletak di kawasan yang sangat strategis, yang diketahui dengan wilayah transit kepentingan moneter yang jauh antara Pulau Jawa dan Pulau Sumatera, sehingga sangat berguna bagi perkembangan dan kemajuan Kota Bandar Lampung selaku pusat perdagangan, industri serta pariwisata. Tin... |
Analisis Kepadatan Arus Lalu Lintas Dengan Menggunakan Model Greenshield Pada U-Turn (Studi Kasus: Jalan Zainal Abidin, Pagar Alam Kedaton, Bandar Lampung)Miranda Yulia Arta / Dear Michiko Mutiara Noor, S.Si., M.Si / Student Dissertations and Theses, 2024Kota Bandar Lampung merupakan kota dengan kemacetan lalu lintas yang cukup padat. Kemacetan yang terjadi salah satunya pada U-Turn Jalan ZA. Pagar Alam, Kedaton. U-Turn Jalan ZA. Pagar Alam, Kedaton merupakan U-Turn yang sering dilalui kendaraan karena merupakan perputaran arus balik penghubun... |
Analisis Konsolidasi Jalan Terhadap Faktor Lalu LintasAdhira Wima Aprilia / Rizky Ahmad Yudanegara, S.T., M.T. / Student Dissertations and Theses, 2024Infrastruktur mempunyai peranan penting dalam pembangunan nasional. Salah satu infrastruktur yang sangat berpengaruh untuk pembangunan suatu negara adalah jalan. Jalan yang ideal memiliki kapasitas untuk menampung volume lalu lintas, apabila kapasitas jalan melebihi maka akan terjadi penurunan kuali... |
Analisis Karakteristik Jalan Bebas Hambatan Berdasarkan ModelGreenshields, Greenberg, dan Underwood (Studi Kasus Ruas Jalan Tol Bakauheni Selatan – Bakauheni Utara Km 08+000 s.d 08+200)Arda Novi Arwana / Michael S.T., M.Sc. / Teknik Sipil, 2024Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji karakteristik lalu lintas di jalan tol Bakauheni Selatan – Bakauheni Utara menggunakan tiga model matematis utama, yaitu Greenshields, Greenberg, dan Underwood. Setiap model dianalisis untuk menentukan seberapa baik mereka menggambarkan tiga hubungan utama d... |
ANALISIS JENIS FASILITAS PENYEBRANGAN ORANG DI RUAS JALAN TERUSAN RYACUDUYOHANES / Galih Rio Prayogi S.T., M.Sc. / Student Dissertations and Theses, 2024Meningkatnya Volume kendaraan dan kecepatan kendaraan tinggi berpotensi mengakibatkan konflik antara pejalan kaki yang ingin menyebrang jalan dengan kendaraan sehingga terjadinya kecelakaan. Dalam mengatasi permasalahan tersebut, diperlukan fasilitas penyebrangan untuk memisahkan ruang tersendiri ol... |
Analisis Kinerja Simpang Bersinyal Jalan Sultan Agung-Ki Maja Bandar Lampung Melalui Penerapan Sistem Actuated Traffic Controller Menggunakan Perangkat Lunak Mikrosimulasi Lalu LintasMohammad Idza Faizurrahim / Reza Asriandi Ekaputra, S.T., M.T. / Teknik Sipil, 2025Simpang Jalan Sultan Agung – Ki Maja merupakan jalan perkotaan dengan tingkat aktivitas sosial padat karena merupakan kawasan komersil. Volume lalu lintas yang tinggi pada simpang mengakibatkan Jalan Sultan Agung – Ki Maja macet terutama pada jam sibuk. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisi... |
ANALISIS TINGKAT KESELAMATAN LALU LINTAS PADA PERSIMPANGAN KAMPUS ITERAJHOSYAN ABEDNEGO PUTRA HASIBUAN / Galih Rio Prayogi, S.T., M.Sc. / Teknik Sipil, 2025Kampus Institut Teknologi Sumatera (ITERA) merupakan salah satu kampus yang sedang berkembang saat ini dengan jumlah mahasiswa yang terus meningkat setiap tahunnya, sehingga risiko kecelakaan lalu lintas meningkat akibat tingginya mobilitas kendaraan dan pejalan kaki. Salah satu titik kritis adalah ... |