(0721) 8030188    [email protected]   

Analisis Karakteristik Jalan Bebas Hambatan Berdasarkan ModelGreenshields, Greenberg, dan Underwood (Studi Kasus Ruas Jalan Tol Bakauheni Selatan – Bakauheni Utara Km 08+000 s.d 08+200)


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji karakteristik lalu lintas di jalan tol Bakauheni Selatan – Bakauheni Utara menggunakan tiga model matematis utama, yaitu Greenshields, Greenberg, dan Underwood. Setiap model dianalisis untuk menentukan seberapa baik mereka menggambarkan tiga hubungan utama dalam lalu lintas: hubungan antara volume dan kerapatan (V-D), kecepatan dan kerapatan (S-D), serta volume dan kecepatan (V-S). Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Greenshields adalah yang paling akurat dalam menjelaskan hubungan V-D, dengan nilai koefisien determinasi (R²) tertinggi sebesar 0,9359 pada hari Selasa dan 0,8964 pada hari Minggu. Namun, untuk hubungan S-D dan V-S, nilai R² yang diperoleh dari model Greenshields lebih rendah, menunjukkan bahwa model ini kurang efektif untuk menggambarkan hubungan-hubungan tersebut. Selain itu, model Greenshields juga memberikan hasil yang realistis dan konsisten dalam mengukur parameter lain seperti headway dan spacing. Pada hari Selasa, nilai headway dan spacing yang dihasilkan masing-masing sebesar 36,2427 meter dan 33,2427 meter, sedangkan pada hari Minggu, nilai headway dan spacing adalah 14,9678 meter dan 11,9678 meter. Berdasarkan hasil ini, model Greenshields direkomendasikan sebagai alat utama untuk menganalisis hubungan volume-kerapatan di jalan tol ini. Penggunaan model ini diharapkan dapat mendukung pengembangan strategi manajemen lalu lintas yang lebih efektif dan efisien, yang sangat penting untuk memenuhi kebutuhan mobilitas serta mendukung pertumbuhan ekonomi di wilayah tersebut.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2409150019

Keyword
Traffic Characteristics Karakteristik Lalu Lintas Greenshield Greenberg Underwood