(0721) 8030188    [email protected]   

Analisis Kinerja Simpang Bersinyal Jalan Sultan Agung-Ki Maja Bandar Lampung Melalui Penerapan Sistem Actuated Traffic Controller Menggunakan Perangkat Lunak Mikrosimulasi Lalu Lintas


Simpang Jalan Sultan Agung – Ki Maja merupakan jalan perkotaan dengan tingkat aktivitas sosial padat karena merupakan kawasan komersil. Volume lalu lintas yang tinggi pada simpang mengakibatkan Jalan Sultan Agung – Ki Maja macet terutama pada jam sibuk. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis waktu siklus eksisting dan mencari skema alternatif penggantian sistem APILL menjadi Actuated Traffic Controller. Setelah membuat pemodelan menggunakan PTV Vissim, hasil keluaran volume kendaraan dilakukan uji validasi data menggunakan metode Uji T dua sampel berpasangan. Jam puncak pada kondisi eksisting terjadi pada pukul 17.15-18.15 WIB dengan volume kendaraan 9854 kend/jam, panjang antrian rata-rata 131,94 m dan waktu tundaan rata-rata 210,41 detik. Pemodelan skema alternatif dilakukan dengan menggunakan base model yang sudah dibuat sebelumnya. Detektor diletakkan pada setiap lengan simpang karena penelitian ini menggunakan sistem fully actuated traffic control system. Sistem APILL akan membaca demand pada masing-masing simpang dan membuat waktu siklus baru yang adaptif mengikuti kondisi lalu lintas pada simpang dengan cara merumuskan interstages file dan merancang logika komputasi menggunakan VisVAP. Setelah skema alternatif yang dikaji yaitu penggunaan Actuated Traffic Controller diterapkan, didapatkan keluaran data panjang antrian dan waktu tundaan dari hasil pemodelan PTV Vissim yaitu rata-rata panjang antrian sebesar 106,81 m dan rata rata waktu tundaan dengan nilai 143,50 detik.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2502090008

Keyword
Kinerja Simpang VISSIM Uji T Actuated Traffic Controller Alternatif