Analisis Kepadatan Arus Lalu Lintas Dengan Menggunakan Model Greenshield Pada U-Turn (Studi Kasus: Jalan Zainal Abidin, Pagar Alam Kedaton, Bandar Lampung)
Kota Bandar Lampung merupakan kota dengan kemacetan lalu lintas yang cukup
padat. Kemacetan yang terjadi salah satunya pada U-Turn Jalan ZA. Pagar Alam,
Kedaton. U-Turn Jalan ZA. Pagar Alam, Kedaton merupakan U-Turn yang sering
dilalui kendaraan karena merupakan perputaran arus balik penghubung menuju
pusat perkotaan kemudian jalan tersebut cukup strategis dimana terletak dekat
dengan pusat perbelanjaan dan perguruan tinggi. Tugas akhir ini membahas
model Greenshield dengan mensimulasikan panjang antrean yang terjadi pada
ruas jalan U-Turn dengan skenario adanya hambatan bus yang melintas dan tanpa
adanya hambatan bus melintas. Simulasi panjang antrean yang terbentuk dapat
ditentukan dengan menggunakan shock wave dan shock path. Berdasarkan hasil
penelitian didapatkan simulasi panjang antrean terpendek adalah 1.340
URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2408260044
Keyword
Greenshield Model Queue Length Traffic Density U-T