PERANCANGAN BOARD GAME SEBAGAI MEDIA INTERAKTIF PENGENALAN KAIN PANDAI SIKEK MINANGKABAU UNTUK ANAK SEKOLAH DASARNIKOLAS PUTRA UTAMA / Muhammad Hajid An Nur, S.Ds., M.Ds. Dr. Sunarsih, S.S., M.A. / Undergraduate Thesis, 2024Tujuan perancangan ini adalah untuk mengetahui cara membuat board game yang dapat mengenalkan kain pandai sikek kepada anak sekolah dasar. Kain pandai sikek merupakan salah satu warisan budaya yang mahal dan terkenal di Indonesia khususnya di Sumatera Barat. Namun hal tersebut belum dapat membuat an... |
Perancangan Perpustakaan Daerah Sumatera Barat Dengan Pendekatan Arsitektur InteraktifMoza Zoel Vasahl Abigail Muti / David Ricardo, S.T., M.T. / Teknik Arsitektur, 2024Pada perancangan ini bertujuan untuk membangun perpustakaan dan diharapkan perpustakaan ini dapa menjadi fasilitas dan saranan bagi masyarakat sebagai sumber informasi, pendidikan, serta sebagai wadah kegiatan masyarakat yang masih terkait dengan literasi. Tapak pada proyek ini terletak di per... |
Perancangan User Interface Peta Interaktif Untuk Memperkenalkan Wisata Bangunan Heritage Kota MedanRoby Putra Perdana Kembaren / Maria Veronika BR Halawa, S.Pd., M.Sn. / Student Dissertations and Theses, 2024Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah user interface peta interaktif yang memperkenalkan wisata bangunan heritage di Kota Medan dengan pendekatan user centered design. User centered design merupakan metode dalam proses desain yang melibatkan kebutuhan pengguna dalam pengembangan sistem aga... |
Perancangan Oceanarium Menggunakan Konsep Interaktif di Bandar LampungWahyu Alifianysah / Yurim Hatamaiya Setyorini S.T., M.T. / Teknik Arsitektur, 2024ABSTRAK Bandar Lampung, dengan potensi maritimnya yang besar, memiliki peluang untuk mengembangkan wisata bahari yang inovatif melalui pembangunan oceanarium interaktif. Dengan harapan meningkatkan sarana edukasi yang menarik dan inovatif diantaranya dengan memanfaatkan teknologi. Penggunaan teknol... |
Penerapan Arsitektur Interaktif pada Perancangan Perpustakaan Daerah Provinsi LampungRifdah Widya Rolanda / David Ricardo S.T., M.T. / Student Dissertations and Theses, 2024Provinsi Lampung menghadapi tantangan besar dalam bidang pendidikan, dengan angka partisipasi dan tingkat penyelesaian pendidikan yang relatif rendah serta indeks literasi yang berada di bawah rata-rata nasional. Menanggapi hal ini, pemerintah setempat merancang pembangunan Perpustakaan Daerah di pe... |
Perancangan Buku Mewarnai Interaktif Sebagai Media Pengenalan Sekolah Seni Tubaba Kepada Remaja LampungBella Pauliem / Namuri, S.Sn., M.Sn. Migo Tuwio / Student Dissertations and Theses, 2024Perancangan Buku Mewarnai Interaktif sebagai Media Pengenalan Sekolah Seni Tubaba Kepada Remaja Lampung memiliki tujuan untuk memperkenalkan potensi, kegiatan, dan tradisi budaya yang ada di Sekolah Seni Tubaba, melalui media interaktif sebagai solusi kreativitas yang tepat bagi remaja di Lampung. P... |
Perancangan Taman Hiburan Seni InteraktifCITRA DEVITA / Melati Rahmi Aziza, S.T., M.T. / Teknik Arsitektur, 2025Kawasan pendidikan dengan kondisi pelajar yang rentan terhadap stres akademik, masih belum merata dalam menjangkau sarana hiburan. Taman hiburan disediakan sebagai bentuk untuk mendapatkan hiburan melalui pengalaman baru dengan kegiatan pameran imersif, workshop seni & kreativitas dan kuliner... |
Perancangan Buku Ilustrasi Interaktif Untuk Mengenalkan Seni Makrame Kepada Generasi Muda (15 - 24 Tahun)SIFA ULYA / Susi Susyanti, S.Ds., M.Ds. / Desain Komunikasi Visual, 2025Seni makrame, sebagai bentuk kerajinan tangan yang memiliki nilai estetika dan potensi relaksasi, masih kurang dikenal oleh generasi muda. Salah satu penyebab utamanya adalah minimnya media edukatif yang komunikatif, interaktif, dan menarik secara visual. Buku panduan makrame yang ada cenderung tekn... |
Perancangan Buku Ilustrasi Interaktif Untuk Mengenalkan Seni Makrame Kepada Generasi Muda (15 - 24 Tahun)SIFA ULYA / Susi Susyanti, S.Ds., M.Ds. / Desain Komunikasi Visual, 2025Seni makrame, sebagai bentuk kerajinan tangan yang memiliki nilai estetika dan potensi relaksasi, masih kurang dikenal oleh generasi muda. Salah satu penyebab utamanya adalah minimnya media edukatif yang komunikatif, interaktif, dan menarik secara visual. Buku panduan makrame yang ada cenderung tekn... |
Perancangan Museum Krakatau dan Edukasi Pembelajaran Simulasi Bencana di Lampung SelatanHERWANSYAH / Galuh Fajarwati, S.T.,M.Ars / Teknik Arsitektur, 2025Letusan gunung Krakatau tahun 1883 telah menjadi salah satu bencana alam terdahsyat yang menyebakan kerusakan besar dan menelan puluhan ribu korban jiwa, termasuk lebih dari 12.000 jiwa di provinsi Lampung. Permasalahan ini berakar pada minimnya pengetahuan masyarakat mengenai tanda - tanda awal ben... |
PERANCANGAN PUSAT UMKM DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR INTERAKTIF DI BANDAR LAMPUNGAWALUNNISA / Verza Dillano Gharata, S.Ars., M.T / Teknik Arsitektur, 2025Kekayaan budaya dan arsitektur tradisional Indonesia yang beragam, terdapat tantangan globalisasi menghalangi identitas lokal, termasuk desain bangunan komersial. Pusat Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) adalah salah satu jenis bangunan komersial yang memainkan peran penting dalam perekonomian ... |
PERANCANGAN PUSAT UMKM DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR INTERAKTIF DI BANDAR LAMPUNGAWALUNNISA / Verza Dillano Gharata, S.Ars., M.T / Teknik Arsitektur, 2025Kekayaan budaya dan arsitektur tradisional Indonesia yang beragam, terdapat tantangan globalisasi menghalangi identitas lokal, termasuk desain bangunan komersial. Pusat Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) adalah salah satu jenis bangunan komersial yang memainkan peran penting dalam perekonomian ... |