(0721) 8030188    [email protected]   

PERANCANGAN BUKU ILUSTRASI INTERAKTIF DENGAN METODE MULTISENSORI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK DISLEKSIA DI KECAMATAN KEMILING KOTA BANDAR LAMPUNG


Perancangan ini berfokus pada disleksia atau gangguan belajar primer khususnya disleksia di Kecamatan Kemiling Kota Bandar Lampung, yang menghadapi tantangan dalam proses membaca. Adapun tujuan dari perancangan ini adalah mengoptimalkan perkembangan pembelajaran anak dengan gangguan disleksia dengan pendekatan metode multisensori menggunakan media buku ilustrasi interaktif agar lebih efektif dan dapat meningkatkan minat anak dalam belajar membaca. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah kualitatif, dimana penulis mengumpulkan dan menganalisis sejumlah data untuk memahami permasalahan utama agar penulis dapat membantu mengoptimalkan kemampuan membaca anak disleksia. Hasil dari perancangan ini adalah buku ilustrasi yang menggabungkan elemen visual, aktivitas interaktif, dan teks sederhana untuk mempermudah anak memahami isi bacaan. Interaksi yang diberikan akan melibatkan fungsi sensorik yang terbukti dapat meningkatkan kemampuan membaca dan menulis mereka secara efektif. Perancangan buku ilustrasi interaktif dengan metode multisensori ini merupakan langkah positif untuk membantu kemampuan membaca anak disleksia, namun perlu adanya peranan orang tua dalam memotivasi pembelajaran anak menggunakan media interaktifitas ini.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2508080049

Keyword
Buku ilustrasi interaktif Disleksia Multisensori