PERANCANGAN BUKU INTERAKTIF SEBAGAI MEDIA PENGENALAN RAGAM ALAT MUSIK TRADISIONAL LAMPUNG BAGI ANAK SEKOLAH DASAR KELAS 5
Keberagaman alat musik tradisional Lampung merupakan warisan budaya yang kaya akan nilai sejarah dan seni. Minimnya media pembelajaran yang menarik dan interaktif menyebabkan kurangnya minat anak-anak untuk mengenal alat musik tradisional Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah buku interaktif sebagai media edukasi untuk memperkenalkan ragam alat musik tradisional Lampung kepada anak sekolah dasar kelas 5 di SDN 1 Kedaton. Metode perancangan yang digunakan adalah design thinking dengan pengumpulan dan penyajian data menggunakan metode kualitatif dan analisis SWOT sehingga dapat melakukan pengolahan data berupa proses perancangan buku interaktif alat musik tradisional Lampung melalui tahap strategi kreatif dan strategi media. Hasil dari perancangan ini adalah buku interaktif yang dapat menjadi media edukatif untuk menambah pengetahuan anak Sekolah Dasar kelas 5 dengan menggunakan media interaktif dalam memberikan dan menginformasi sebuah buku interaktif alat musik tradisional Lampung yang dibuat dapat diterima dan diakses kapan dan dimana saja. Uji coba (field testing) dilakukan kepada 28 siswa kelas 5 dan menunjukkan peningkatan pengetahuan yang signifikan, yaitu dari rata-rata di bawah 10% menjadi 79,56% setelah membaca buku. Dengan demikian, buku interaktif ini dapat menjadi sarana edukatif yang mampu menumbuhkan kesadaran anak sekolah dasar kelas 5 untuk mengenal, menghargai, dan melestarikan warisan budaya Lampung di tengah perkembangan zaman.
URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2512160032
Keyword
buku interaktif alat musik tradisional lampung anak kelas 5 sd budaya lampung pelestarian tradisi