Analisis Keterkaitan Infrastruktur Digital E-Commerce Terhadap Pergerakan Orang Berbelanja (Studi Kasus : Kecamatan Bekasi Utara, Aplikasi Shopee)Eka Octavianty / Prof. Dr. Eng. Pradono S. E. M. Ec. Dev / Perencanaan Wilayah dan Kota, 2024ABSTRAK Perkembangan suatu kota memiliki arti dan klasifikasi yang dapat mempengaruhi perkembangan kota itu sendiri. Seiring berjalannya waktu, muncul adanya perkembangan pesat pada teknologi yang mengeluarkan konsep-konsep kota, seperti Smart City. Pencapaian konsep Smart City membutuhkan dukungan... |
Analisis Keterkaitan Infrastruktur Digital E-Commerce Terhadap Pergerakan Orang Berbelanja (Studi Kasus : Kecamatan Bekasi Utara, Aplikasi Shopee)Eka Octavianty / Prof. Dr. Eng. Pradono S. E. M. Ec. Dev / Perencanaan Wilayah dan Kota, 2024ABSTRAK Perkembangan suatu kota memiliki arti dan klasifikasi yang dapat mempengaruhi perkembangan kota itu sendiri. Seiring berjalannya waktu, muncul adanya perkembangan pesat pada teknologi yang mengeluarkan konsep-konsep kota, seperti Smart City. Pencapaian konsep Smart City membutuhkan dukungan... |
PERANCANGAN WEBSITE E-COMMERCE MENGGUNAKAN METODE SDLC MODEL WATERFALL (STUDI KASUS: BUTIK RUMI)SABRINA ZAHRA SALSABILA / Winda Yulita, M.Cs. / Teknik Informatika, 2025Perkembangan teknologi digital telah mendorong pelaku usaha untuk memanfaatkan media online dalam meningkatkan daya saing bisnis, termasuk pada sektor fashion. Butik Rumi merupakan salah satu usaha yang masih beroperasi secara konvensional tanpa dukungan sistem digital yang optimal. Penelitian ini b... |
PENERAPAN MODEL INDOBERT UNTUK ANALISIS SENTIMEN PADA ULASAN PENGGUNA PRODUK MAKEUP DAN SKINCARE DI PLATFORM E-COMMERCEDARA CANTIKA DEWI / Luluk Muthoharoh, S.Si., M.Si. / Sains Data, 2025Pertumbuhan industri kecantikan di Indonesia mendorong meningkatnya jumlah ulasan konsumen di platform e-commerce, yang dapat dimanfaatkan untuk memahami persepsi dan preferensi pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan kombinasi hyperparameter terbaik untuk mengoptimalkan performa model I... |
Evaluasi Kinerja Algoritma K-Means dalam Klasterisasi Data Penjualan untuk Pengadaan Stok Produk E-CommerceJoanne Polama Putri Sembiring / Rajif Agung Yunmar, S.Kom., M.Cs. / Teknik Informatika, 2025E-commerce telah menjadi salah satu pendorong utama transformasi ekonomi global, di mana aktivitas jual beli dilakukan secara online, melibatkan jutaan pengguna dan transaksi setiap harinya. Hal tersebut menjadi tantangan besar dalam hal pengelolaan, penyimpanan, dan pemrosesan data yang dihasilkan,... |