(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

Analisis Keterkaitan Infrastruktur Digital E-Commerce Terhadap Pergerakan Orang Berbelanja (Studi Kasus : Kecamatan Bekasi Utara, Aplikasi Shopee)


ABSTRAK Perkembangan suatu kota memiliki arti dan klasifikasi yang dapat mempengaruhi perkembangan kota itu sendiri. Seiring berjalannya waktu, muncul adanya perkembangan pesat pada teknologi yang mengeluarkan konsep-konsep kota, seperti Smart City. Pencapaian konsep Smart City membutuhkan dukungan seperti, penerapan Smart Infrastruktur Digital. Smart Infrastruktur Digital yang dimaksud pada penelitian ini adalah e-commerce. Banyaknya kegiatan yang terdapat pada Kecamatan Bekasi Utara menyebabkan tingginya tarikan pergerakan pada kecamatan ini. Salah satu potensi unggulan di Kota Bekasi adalah perekonomian dan kegiatan perekonomian di Kecamatan Bekasi Utara cenderung didominasi oleh sektor perdagangan. Dengan begitu, masyarakat di Kecamatan Bekasi Utara akan sering berpergian keluar rumah untuk berbelanja. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterkaitan infrastruktur digital e-commerce terhadap pergerakan orang di Kecamatan Bekasi Utara. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan mengumpulkan dan menganalisis data numerik yang berhubungan langsung dengan pertanyaan tersebut. Untuk menganalisis keterkaitan ini dilakukan dengan analisis deskriptif kuantitatif dan uji chi-square untuk mendapatkan keterkaitan antara infrastruktur digital e-commerce terhadap pergerakan orang belanja. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat keterkaitan antara infrastruktur digital e-commerce terhadap pergerakan orang belanja dengan menggunakan data frekuensi penggunaan Shopee dalam seminggu terhadap pergerakan masyarakat sesudah adanya Shopee. Kesimpulan tersebut dapat ditunjukkan dari hasil analisis yang menunjukkan penurunan angka pergerakan masyarakat untuk berbelanja langsung sesudah adanya Shopee. Namun, terdapat data yang menunjukkan bahwa masyarakat tetap berbelanja langsung setelah adanya Shopee karena Shopee dapat mempengaruhi pergerakan masyarakat untuk berbelanja langsung namun tidak dapat menggantikan sepenuhnya, tetap ada waktu untuk berbelanja langsung karena berbagai alasan. Kata kunci: Keterkaitan, E-commerce, Pergerakan orang berbelanja

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2405130010

Keyword
Linkage, E-commerce, Movement of people shopping Keterkaitan, E-commerce, Pergerakan orang berbelan