[PWK - 2019] Konsep Rancangan Green City Walk Sebagai Alternatif Area Rekreasi Yang Atraktif Di Pasar Tengah Bandar LampungAmalia Sevira (22115033) / Dr.Ir.Muhammad Irfan Affandi, M.Si. / Perencanaan Wilayah dan Kota, 2019Perencanaan kota dapat diartikan sebagai perencanaan yang berkaitan dengan pengalokasian lahan dalam berbagai macam fungsi dan kegiatan. Tujuan penelitian adalah menyusun konsep rancangan green citywalk sebagai alternatif area rekreasi yang atraktif di Pasar Tengah. Untuk melakukan tujuan tersebut m... |
TINGKAT KESIAPAN MASYARAKAT DALAM PENGEMBANGAN EKONOMI KREATIF DESA TARAHAN, KABUPATEN LAMPUNG SELATANHamam Yazid Farisi / Ryansyah Izhar, S.T., M.P.W.K. / Perencanaan Wilayah dan Kota, 2024Pengembangan Ekonomi Kreatif di Desa Tarahan dilakukan dengan memanfaatkan potensi lokal seperti sumber daya alam, pertanian, perikanan, dan pariwisata pantai Sebalang. Masyarakat bisa berpartisipasi dalam berbagai usaha ekonomi kreatif, meski tidak semuanya terlibat. Kepemimpinan berperan pen... |
Perancangan U-Space Art and Culture Center dengan Konsep "Unity in Creativity"Sofia Marietha Tsabitah Irawan / Nova Asriana MS, S.T., M.T. / Student Dissertations and Theses, 2024Pemerintah Kota Bandar Lampung merencanakan pembangunan Art and Culture Center yang berlokasi di Jalan Sultan Agung, Sepang Raya, Kecamatan Kedaton, Kota Bandar Lampung dengan luas lahan sebesar ±29.000 m2. Proyek ini memiliki total luas ruang sebesar ±11.900 m2 dengan jumlah 4 massa bangunan yang... |
Perancangan Proyek Perpustakaan Daerah Sumatera BaratBella Jaya Kusuma / Wenny Arminda, S. T., M.Sc., Ph. D. / Teknik Arsitektur, 2024Perancangan perpustakaan daerah Sumatera Barat dilakukan dengan tujuan menghidupkan minta masyarakat untuk bergerak dalam kegiatan literasi. Proyek perpustakaan Sumatera Barat ini berada di persimpangan Jl. Jhoni Anwar dan Jl. Khatib Sulaiman, Kecacmatan Padang Utara, Kota Padang, Sumatera Barat, d... |
Perancangan Reaktivasi Visualisasi Branding Pasar Kreatif Payungi Kota Metro LampungILHAM LOVIAN NUFUS / Anjar Nur Cholifah, M.Pd. / Desain Komunikasi Visual, 2025Pasar Payungi merupakan pasar kreatif berbasis komunitas yang berlokasi di Kelurahan Yosomulyo, Kecamatan Metro Pusat, Kota Metro. Pasar ini memiliki potensi sebagai pusat ekonomi kreatif, tetapi identitas visual dari pasar ini belum konsisten dan kurang dikenal oleh pengunjung. Minimnya elemen bran... |
IMPLEMENTASI RENCANA PENGEMBANGAN INDUSTRI KREATIF di PASAR KREATIF DAN SENI WAY HALIM, KOTA BANDAR LAMPUNGAYUB NAPITU / Asirin, S.T., M.T. / Perencanaan Wilayah dan Kota, 2025Penelitian ini mengkaji implementasi rencana pengembangan industri kreatif di Pasar Kreatif dan Seni Way Halim, Kota Bandar Lampung, yang berfokus pada Pasar Kreatif dan Seni sebagai pusat inovasi dan kolaborasi pelaku industri kreatif. Dengan pendekatan kualitatif eksploratif, penelitian ini mengid... |
Analisis Faktor Keberhasilan Industri Kreatif Kota Bandung Sebagai Model Pengembangan Wilayah Kreatif di IndonesiaMUHAMMAD FARRAS TAUFIQ / Asirin, S.T., M.T. / Perencanaan Wilayah dan Kota, 2025Pertumbuhan industri kreatif di Kota Bandung menunjukkan potensi besar dalam mendukung pembangunan wilayah karena kontribusinya yang tinggi terhadap ekonomi lokal serta posisinya sebagai Kota Desain dalam Jaringan Kota Kreatif UNESCO. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab keberha... |
Analisis Faktor Keberhasilan Industri Kreatif Kota Bandung Sebagai Model Pengembangan Wilayah Kreatif di IndonesiaMUHAMMAD FARRAS TAUFIQ / Asirin, S.T., M.T. / Perencanaan Wilayah dan Kota, 2025Pertumbuhan industri kreatif di Kota Bandung menunjukkan potensi besar dalam mendukung pembangunan wilayah karena kontribusinya yang tinggi terhadap ekonomi lokal serta posisinya sebagai Kota Desain dalam Jaringan Kota Kreatif UNESCO. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab keberha... |
Perancangan Creative Hub dengan Pendekatan Bleending SpaceILHAM FADILAH / Dr. Eng. Rendy Perdana Khidmat, S.Pd., M.Eng. / Teknik Arsitektur, 2025Perancangan Creative Hub dengan pendekatan Blending Space ini bertujuan untuk menciptakan sebuah ruang yang mampu mengakomodasi kebutuhan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) serta sektor Ekonomi Kreatif (EKRAF), khususnya di bidang desain digital, di Kota Bandar Lampung. Creative Hub ini ... |
Fleksibel Sepanjang Masa : Perancangan Bandar Lampung Creative Hub, Subsektor Kuliner dengan Pendekatan Arsitektur ModularGeovalin Basa Ellaya Panggabean / Dr. Eng. Rendy Perdana Khidmat, S.Pd., M.Eng. / Teknik Arsitektur, 2025Indonesia mengalami pertumbuhan sektor ekonomi kreatif secara signifikan setiap tahunnya, yang mana sektor ini telah berkontribusi besar terhadap pemasukan ekonomi nasional secara keseluruhan. Provinsi Lampung khususnya Bandar Lampung memiliki potensi industri kreatif yang cukup baik, khususnya subs... |
Perancangan Creative Center dengan Pendekatan Holistik di Bandar LampungZayyanul Ilma / Dr. Eng. Rendy Perdana Khidmat, S.Pd., M.Eng. / Teknik Arsitektur, 2025Di tengah ketidakpastian ekonomi global dan perlambatan ekonomi regional, provinsi Lampung mengalami peningkatan pertumbuhan ekonomi, namun masih di bawah rata-rata nasional dan tergolong lambat. Rendahnya investasi, kemiskinan, pengangguran, serta tingkat produktivitas yang belum optimal menjadi fa... |
Perancangan Lampung Culinary Creative Center dengan Pendekatan Arsitektur KontekstualJELITA SITOHANG / Dr. Eng. Rendy Perdana Khidmat, S.Pd., M.Eng. / Teknik Arsitektur, 2025Ekonomi kreatif, khususnya subsector kuliner, menjadi salah satu penggerak pertumbuhan ekonomi di Indonesia, termasuk Provinsi Lampung. Dengan komoditas unggulan seperti kopi, pisang, dan singkong menjadi bukti Lampung memiliki potensi besar mengembangkan kuliner melalui inovasi dan kreativitas. Nam... |