Perancangan Reaktivasi Visualisasi Branding Pasar Kreatif Payungi Kota Metro Lampung
Pasar Payungi merupakan pasar kreatif berbasis komunitas yang berlokasi di Kelurahan Yosomulyo, Kecamatan Metro Pusat, Kota Metro. Pasar ini memiliki potensi sebagai pusat ekonomi kreatif, tetapi identitas visual dari pasar ini belum konsisten dan kurang dikenal oleh pengunjung. Minimnya elemen branding interaktif serta strategi promosi yang belum optimal membuat branding Pasar Payungi sulit berkembang. Tujuan dari perancangan ini adalah mereaktivasi visual branding Pasar Payungi dengan menghadirkan identitas visual yang lebih kuat dan interaktif melalui maskot sebagai elemen utama, sehingga keunikan visual pasar dapat melekat di ingatan pengunjung dan menciptakan kedekatan yang lebih intens. Perancangan ini menggunakan metode penelitian kualitatif melalui observasi, wawancara, serta studi literatur terkait branding dan identitas visual. Metode perancangan yang digunakan adalah The Branding Process yang menekankan pengalaman sensorik, emosional, interaktif, dan edukatif bagi pengunjung. Hasil dari perancangan ini berupa sistem branding yang diterapkan dalam berbagai media promosi, seperti maskot, signage, konten media sosial, komik, merchandise, dan media interaktif, untuk meningkatkan daya tarik serta keterlibatan pengunjung dengan Pasar Payungi.
Kata Kunci: reaktivasi visualisasi branding, Pasar Payungi, identitas visual, pasar kreatif, Kota Metro
URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2505240006
Keyword
reaktivasi visualisasi branding Pasar Payungi Maskot identitas visual kota metro pasar kreatif desain komunikasi visual pasar yosomulyo pelangi branding Ilham Lovian Nufus