(0721) 8030188    [email protected]   

Strategi Pemberdayaan Perempuan Sebagai Pelaku Usaha Ekonomi Kreatif Kain Tenun di Desa Saba Baduy


Desa Wisata Saba Baduy memiliki potensi ekonomi kreatif berupa kerajinan kain tenun dimana pada awalnya aktivitas ini ada untuk memenuhi kebutuhan sandang namun sekarang menjadi komoditas dengan nilai jual. Akan tetapi, untuk memberdayakan perempuan disana perlu menghadapi tantangan terkait norma adat yang ketat. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi pemberdayaan perempuan Baduy sebagai pelaku usaha kain tenun dengan tetap memerhatikan nilai adat dan sosial budaya yang berlaku dengan mengidentifikasi prinsip-prinsip adat yang memengaruhi aktivitas perempuan Baduy, memahami dinamika perempuan dalam aktivitas usaha kain tenun, serta rekomendasi strategi dalam pemberdayaan perempuan. Dengan menggunakan analisis deskriptif dan SWOT, penelitian ini menemukan bahwa meskipun perempuan Baduy memiliki peran penting dalam aktivitas menenun namun dalam hal produktivitas masih belum maksimal. Strategi yang dihasilkan mengacu pada empat dimensi pemberdayaan perempuan yaitu ekonomi, psikologis, sosial, dan politik.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2507020023

Keyword
Pemberdayaan Perempuan Ekonomi Kreatif Kain Tenun Desa Wisata Baduy Adat