SIMULASI KEPADATAN LALU LINTAS DENGAN KENDALA BOTTLENECK MENGGUNAKAN METODE NUMERIK PADA PERSAMAAN TRANSPORTCherlin Andika / Dear Michiko Mutiara Noor, S.Si., M.Si. / Matematika, 2024Kemacetan merupakan kejadian yang umum terjadi di jalan raya dan disebabkan oleh berbagai hal. Salah satu penyebab kemacetan ialah penyempitan jalan atau bottleneck. Fenomena bottleneck tersebut dapat dipahami melalui permodelan makroskopik, menggunakan asumsi LWR dan model Greenshield. Selanjutnya ... |
Analisis Kinerja Jalan Tol Bakuheni - Terbanggi Besar (Studi Kasus Akses Tol Bakauheni Utara - Bakauheni Selatan)William Butar Butar / Dr. (Cand) Hermon Frederik Tambunan S.T., M.T. / Student Dissertations and Theses, 2024Pertumbuhan jumlah penduduk yang mengakibatkan bertambahnya pemilik kendaraan harus diimbangi dengan pertumbuhan jalan untuk menghindari terjadinyaa kemacetan. Jalan tol memiliki peran penting dalam menguragi kemacetan, mempersingkat waktu tempuh perjalanan, dan mendukung pertumbuhan ekonomi... |
PERANCANGAN TRANSPORT HUB MENGGUNAKAN KONSEP TOD (TRANSIT ORIENTED DEVELOPMENT) DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR KONTEMPORERYohannes Parhusip / Widi Dwi Satria, S.T., M.T. / Teknik Arsitektur, 2024Kemacetan merupakan salah satu masalah yang sering ditemukan di berbagai wilayah di Indonesia, khususnya di Kota Bandar Lampung. Kemacetan ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti peningkatan jumlah kendaraan pribadi, pertumbuhan populasi, dan kurangnya infrastruktur transportasi yang memad... |
Evaluasi Skenario Manajemen Lalu Lintas Ruas Jalan Teuku Umar Dengan Metode Analytic Hierarchy Process (AHP)LAIRA SALSABILA / Michael, S.T., M.Sc. / Teknik Sipil, 2025Jalan Teuku Umar merupakan salah satu ruas jalan utama di Kota Bandar Lampung yang memiliki peran penting dalam mendukung mobilitas masyarakat dan aktivitas ekonomi. Namun, tingginya volume kendaraan serta keberadaan U-Turn yang tidak optimal menyebabkan kemacetan dan menurunnya kinerja lalu lintas.... |
ANALISIS DAMPAK U-TURN TERHADAP KINERJA JALAN DAN EMISI KENDARAAN DI JALAN ZA. PAGAR ALAM, KOTA BANDAR LAMPUNGGHULAM FEBTANAMAS / Ir. Muhammad Abi Berkah Nadi, S.T., M.T., IPM. / Teknik Sipil, 2025ABSTRAK ANALISIS DAMPAK U-TURN TERHADAP KINERJA JALAN DAN EMISI KENDARAAN DI JALAN ZA. PAGAR ALAM, KOTA BANDAR LAMPUNG Oleh GHULAM FEBTANAMAS NIM. 118210127 Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknologi Infrastruktur dan Kewilayahan Fasilitas putar balik (U-Turn) yang tidak dirancang sec... |
Kajian Potensi Pengembangan Fasilitas Park and Ride di Terminal PulogadungMUHAMMAD NAUFAL KAMALUDIN / Muhammad Abdul Mubdi Bindar, S.T., M.T. / Perencanaan Wilayah dan Kota, 2025Jakarta merupakan kota metropolitan dengan kepadatan penduduk dan jumlah kendaraan bermotor yang tinggi, sehingga menyebabkan kemacetan setiap harinya. Salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan ini adalah penerapan sistem park and ride, yang mendorong peralihan dari kendaraan pribadi ke transpo... |