(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

Analisis Kinerja Jalan Tol Bakuheni - Terbanggi Besar (Studi Kasus Akses Tol Bakauheni Utara - Bakauheni Selatan)


Pertumbuhan jumlah penduduk yang mengakibatkan bertambahnya pemilik kendaraan harus diimbangi dengan pertumbuhan jalan untuk menghindari terjadinyaa kemacetan. Jalan tol memiliki peran penting dalam menguragi kemacetan, mempersingkat waktu tempuh perjalanan, dan mendukung pertumbuhan ekonomi. Analisa kinerja jalan pada penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi kinerja pembangunan jalan tol sesuai dengan tujuan perencanaan awal serta mengetahui kinerja jalan tol setelah dilakukan penutupan satu lajur. Perhitungan kinerja jalan tol dilakukan dengan menggunakan metode Highway Capacity Manual 2010. Pengambilan data dilakukan dengan perekaman video menggunakan telepon genggam selama satu hari kerja dan satu hari akhir pekan dengan kondisi arus lalu lintas normal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja jalan tol kondisi normal memiliki tingkat arus mobil penumpang yang masih dibawah nilai kapasitas jalan dengan nilai tingkat arus mobil penumpang 300 kendaraan/jam/lajur pada hari Selasa dan 283,04 kendaraan/jam/lajur pada hari Minggu serta tingkat kepadatan yang rendah dengan nilai 4,3 kendaraan/mil/lajur pada hari Selasa dan 4,04 kendaraan/mil/lajur pada hari Minggu, dan nilai volume layanan bernilai 2304 kendaraan/jam. Seluruh nilai variabel hasil penelitian dibagi 2 untuk mendapatkan hasil kinerja setelah penutupan satu lajur, sehingga menghasilkan nilai tingkat pelayanan jalan A pada kondisi normal dan setelah penutupan satu lajur. Waktu periode batas kapasitas maksimum jalan yang dapat dipertahankan sebesar 44,08 tahun untuk kondisi normal dan 29,39 tahun pada kondisi penutupan satu lajur. Untuk mempertahankan kinerja yang baik, perlu dilakukan evaluasi dan pemantauan secara berkala serta melakukan penyesuaian jika diperlukan.

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2406120042

Keyword
kemacetan volume kendaraan kinerja jalan