(0721) 8030188    pusat@itera.ac.id   

SIMULASI KEPADATAN LALU LINTAS DENGAN KENDALA BOTTLENECK MENGGUNAKAN METODE NUMERIK PADA PERSAMAAN TRANSPORT


Kemacetan merupakan kejadian yang umum terjadi di jalan raya dan disebabkan oleh berbagai hal. Salah satu penyebab kemacetan ialah penyempitan jalan atau bottleneck. Fenomena bottleneck tersebut dapat dipahami melalui permodelan makroskopik, menggunakan asumsi LWR dan model Greenshield. Selanjutnya dilakuka simulasi dengan metode beda hingga untuk persamaan transport sederhana serta metode finite volume pada persamaan transport non linear. Simulasi dilakukan menggunakan kondisi awal berupa kepadatan sebelum terjadi bottleneck tetap, sedangkan kepadatan saat bottleneck yang divariasikan. Berdasarkan hasil simulasi tersebut disimpulkan bahwa dengan semakin bertambahnya selisih antara kepadatan sebelum terjadi bottleneck dan kepadatan saat terjadi bottleneck menyebabkan nilai Rangkine-Hugoniot makin besar sehingga pertambahan ekor antrian makin cepat . Hasil simulasi numerik juga menunjukkan gradien shockline hasil simulasi berhimpit dengan gradien shockline secara analitik (rasio Rangkine-Hugoniot).

URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2401250003

Keyword
Kemacetan, Bottleneck, Asumsi LWR (Lighthill-Whith