ANALISIS DAMPAK U-TURN TERHADAP KINERJA JALAN DAN EMISI KENDARAAN DI JALAN ZA. PAGAR ALAM, KOTA BANDAR LAMPUNG
ABSTRAK
ANALISIS DAMPAK U-TURN TERHADAP KINERJA JALAN DAN EMISI KENDARAAN DI JALAN ZA. PAGAR ALAM, KOTA BANDAR LAMPUNG
Oleh
GHULAM FEBTANAMAS
NIM. 118210127
Program Studi Teknik Sipil
Fakultas Teknologi Infrastruktur dan Kewilayahan
Fasilitas putar balik (U-Turn) yang tidak dirancang secara efektif seringkali menjadi titik konflik lalu lintas yang menyebabkan perlambatan kendaraan dan meningkatnya waktu tundaan. Kondisi ini berkontribusi langsung terhadap peningkatan emisi gas buang, yang berdampak negatif baik secara ekonomi maupun lingkungan. Penelitian ini mengkaji dampak kemacetan akibat keberadaan U-Turn di Jalan ZA. Pagar Alam, Kota Bandar Lampung, dengan pendekatan perhitungan emisi Tier II dari EMEP/EEA. Selain itu, studi ini merancang skenario perbaikan U-Turn berdasarkan prinsip geometrik jalan untuk mengevaluasi potensi peningkatan kinerja lalu lintas.
Hasil analisis menunjukkan bahwa total kerugian ekonomi akibat emisi ruas jalan ZA. Pagar Alam mencapai Rp28,6 miliar, dengan sepeda motor sebagai kontributor terbesar terhadap emisi karbon dioksida (CO₂). Tingkat kejenuhan lalu lintas sebesar 0,89 pada arah Utara–Selatan menunjukkan bahwa jalan berada pada tingkat pelayanan rendah (E). Skenario perbaikan berupa relokasi U-Turn menunjukkan hasil yang positif, yakni berkurangnya waktu tundaan hingga 1,85 detik dan meningkatnya kelancaran arus lalu lintas. Secara keseluruhan, studi ini menekankan pentingnya perbaikan desain geometrik U-Turn sebagai langkah strategis untuk meningkatkan efisiensi lalu lintas serta mengurangi dampak eksternal transportasi terhadap lingkungan kota.
URI
https://repo.itera.ac.id/depan/submission/SB2507310036
Keyword
kemacetan emisi kendaraan tier II u-turn biaya kerugian Rekayasa Lalu Lintas